Abstrak


Hubungan Pelaksanaan Pengawasan Keselamatan dengan Perilaku Aman Bekerja pada Pekerja Subkontraktor PT Wika Beton Boyolali


Oleh :
Budi Wiranto - R0213016 - Fak. Kedokteran

Abstrak

Latar Belakang : Peranan tenaga kerja subkontraktor sangat penting dalam proses produksi, sehingga tenaga kerja perlu memperoleh perlindungan terhadap kemungkinan bahaya kecelakaan kerja. Salah satu bentuk perlindungan bagi tenaga kerja terhadap kemungkinan bahaya kecelakaan di tempat kerja adalah melaksanakan pengawasan keselamatan yang konsisten dan terjadwal. Kurangnya berperilaku aman dapat menjadi faktor risiko terjadinya kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan pengawasan keselamatan terhadap  perilaku  aman  bekerja  pada  pekerja  subkontraktor  PT.  WIKA  Beton Boyolali.

Metode : Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik, dengan desain cross sectional. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Populasi adalah seluruh tenaga kerja bagian produksi di PT. WIKA Beton Boyolali berjumlah 286 orang, dan diperoleh sampel sebesar 100 orang. Penelitian ini menggunakan checklist   untuk menilai pelaksanaan pengawasan keselamatan serta kuesioner untuk menganalisis perilaku aman bekerja. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji statistik Gamma and Somers’d.

Hasil : Hasil uji statistik Gamma and Somers’d menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara pelaksanaan pengawasan keselamatan dengan perilaku aman bekerja dengan p-value = 0,001 dan r = 0,351.

Simpulan : Terdapat hubungan yang signifikan dari pelaksanaan pengawasan keselamatan dengan perilaku aman bekerja pada pekerja subkontraktor  PT. WIKA Beton, Boyolali.

Kata Kunci : Pengawasan, Keselamatan, Perilaku Aman Bekerja