;

Abstrak


Analisis Health Belief Model dan Labelling Theory terhadap Perilaku dalam Mengatasi Dampak Biopsikososial pada Anak Jalanan yang Mengalami Kekerasan Seksual di Kota Yogyakarta


Oleh :
Intan Noor Khalifah - S021508025 - Sekolah Pascasarjana

ABSTRAK
Latar Belakang: Anak Jalanan beresiko tinggi mengalami kekerasan seksual. Diperlukan tindakan untuk mengatasi dampak biopsikososial yang merugikan dari kekerasan seksual. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak biopsikososial kekerasan seksual di kalangan anak jalanan di Yogyakarta dengan menggunakan Health Belief Model dan Labelling Theory.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Informan kunci dalam penelitian ini adalah Ketua Yayasan Rumah Impian Indonesia Yogyakarta dan Direktur PKBI cabang Kota Yogyakarta. Informan utama adalah anak jalanan yang menjadi dampingan Yayasan Rumah Impian Indonesia Yogyakarta. Serta informan pendukung yaitu Petugas Kesehatan Puskesmas Kota Jetis dan kakak dari salah satu anak jalanan yang pernah mengalami kekerasan seksual.
Hasil: Anak jalanan yang menjadi dampingan Yayasan Rumah Impian Indonesia Yogyakarta pernah mengalami kekerasan seksual dalam bentuk pelecehan seksual. Dampak biopsikososial pada anak jalanan yang pernah mengalami kekerasan seksual meliputi rasa was-was, marah, kaget, trauma, takut, ada perasaan ingin balas dendam, iritasi, emosi, stress, tidak mau makan, murung dan berdiam diri di kamar. Perilaku yang dilakukan anak jalanan dalam mengatasi dampak biopsikososial yang ditimbulkan akibat kekerasan seksual berupa melupakan, mengikhlaskan dan tidak mengungkit kejadian kekerasan seksual yang pernah dialaminya. Pelabelan atau stigma negatif yang diberikan masyarakat pada anak jalanan yang pernah mengalami kekerasan seksual berupa anak yang tidak suci lagi, anak yang kotor dan sampah masyarakat.
Kesimpulan: Berdasarkan analisis Health Belief Model dan Labelling Theory  bahwa kekerasan seksual yang terjadi pada anak jalanan lebih memberikan dampak terhadap psikisnya sehingga diperlukan upaya atau penanganan yang tepat untuk meminimalisir dampak trauma tersebut. Dampak sosial yang ditimbulkan akibat kekerasan seksual pada anak jalanan adalah adanya pelabelan atau stigma negatif dari masyarakat.

Kata Kunci: Anak Jalanan, Health Belief Model, Labelling Theory, Dampak Biopsikososial,  Kekerasan Seksual.