Abstrak


Ekowisata Umbul Tlatar Boyolali : Tinjauan dari Bauran Pemasaran & Kesediaan Membayar


Oleh :
Putri Andini Kusumaningrum - H1815024 - Fak. Pertanian

ABSTRAK
Indonesia dalam kurun waktu terakhir ini mulai memberikan perhatian terhadap industri pariwisata. Salah satu bentuk usaha untuk mengembangkan industri pariwisata adalah dengan cara menata kembali berbagai potensi dan kekayaan alam yang berbasiskan pengembangan kawasan secara terpadu. Capaian pembangunan pariwisata Indonesia mampu melampaui target yang telah ditentukan, kunjungan wisatawan mancanegara yang meningkat menjadi 10,4 juta orang, dari target 2015 sebesar 10 juta orang. Sebagai sub daerah tujuan di Provinsi Jawa Tengah, Kabupaten Boyolali merupakan tempat wisata yang strategis karena dalam satu wilayah Kabupaten Boyolali terdapat beberapa obyek wisata salah satunya adalah Ekowisata Umbul Tlatar. Untuk itu skripsi ini bertujuan mengetahui faktor-faktor bauran pemasaran yang dipertimbangkan wisatawan dalam mengunjungi Ekowisata Umbul Tlatar Boyolali dan mengetahui kesediaan membayar (willingness to pay) oleh pengunjung yang didapat Ekowisata Umbul Tlatar Boyolali.
Metode dasar dalam penelitian ini adalah metode descriptive. Penentuan lokasi penelitian dilakukan dengan metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling atau judgement sampling. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara langsung dengan responden, observasi, dan kuisioner. Ada dua jenis data yang diperoleh yaitu Data Primer dan Data Sekunder. Skripsi ini mengunakan dua analisis data, yakni ananlisis faktor dan ananlisis kesediaan membayar.
Dari penelitian yang dilakukan diketahui bahwa hasil analisis faktor menggunakan 24 variabel dapat disederhanakan menjadi 22 variabel yang memenuhi kriteria dan  dari 7 faktor inti terbentuklah 5 faktor inti. Sehingga faktor-faktor yang dipertimbangkan dalam pengambilan keputusan mengunjungi Ekowisata Umbul Tlatar Boyolali yaitu, faktor tempat, faktor proses, faktor promosi, faktor harga, serta faktor produk. Seluruh faktor yang terbentuk memiliki eigenvalue lebih dari 1, serta semua variabel yang terbentuk memiliki nilai facor loading lebih dari 0.500. Variabel tertinggi dengan nilai factor loading 0.823 adalah variabel keamanan ekowisata yang terdapat di faktor inti pertama yakni, faktor tempat. Hasil ananlisis data kedua, yakni analisis kesediaan membayar didapat kesediaan membayar sebesar Rp. 55,340,498,537. Hasil analisis kesediaan membayar didapat dari beberapa komponen biaya, yakni biaya transportasi, biaya tiket masuk, biaya parkir, biaya makn dan minum, biaya souvenir dan biaya lain. Selain komponen biaya tersebut diatas, jumlah pengunjung Ekowisata Umbul Tlatar turut mendasari perhitungan analisis kesediaan membayar. Jumlah pengunjung tahun terakhir Ekowisata Umbul Tlatar Boyolali yakni tahun 2015 sejumlah 236.843 pengunjung.
Kata kunci : Ekowisata Umbul Tlatar Boyolali, Pemasaran, Kesediaan Membayar.