Abstrak


Kajian Pembelajaran Menulis Teks Fabel pada Sekolah Menengah PertamaDi Kabupaten Wonogiri (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Selogiri dan SMP Negeri 1 Wonogiri)


Oleh :
Ari Sonia Ika Yulia Saputri - K1213006 - Fak. KIP

ABSTRAK


Ari   Sonia   Ika   Yulia   Saputri,   K1213006.   KAJIAN   PEMBELAJARAN MENULIS TEKS FABEL PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KABUPATEN WONOGIRI   (STUDI KASUS DI SMP NEGERI 1 SELOGIRI DAN SMP NEGERI 1 Wonogiri). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Agustus 2017.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji perencanaan RPP, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran menulis teks fabel di SMP Negeri 1 Selogiri dan SMP Negeri 1
Wonogiri serta mengetahui kendala yang muncul dan upaya mengatasinya. Penelitian ini merupakan hasil pengamatan atau observasi yang dilakukan di SMP Negeri 1
Selogiri dan SMP Negeri 1 Wonogiri.    Berdasarkan hasil penelitian,  disimpulkan
penyusunan RPP dari segi perencanaan berdasarkan unsur menurut Permendikbud No.
22       Tahun       2016       dan       Instrumen       penilaian      RPP       menurut       Pe doman Perencanaan Penilaian RPP yang terdapat dalam Unit Pelaksana Teknis (UPT) Program Pengenalan Lapangan (PPL) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unversitas Sebelas Maret Surakarta, untuk SMP Negeri 1 Selogiri masih terdapat komponen yang mendapat nilai cukup yaitu komponen mengenai kesesuaian dengan tujuan pembelajaran,  yaitu pada materi dan sumber ajar, serta media  dan metode pembelajaran. Sementara untuk SMP Negeri 1 Wonogiri semuanya mendapat nilai baik. Untuk pelaksanaan pembelajaran menulis teks fabel di SMP Negeri 1 Selogiri masih ada beberapa komponen yang mendapat nilai cukup yaitu sebanyak 12 item sedangkan  sisanya  sebanyak  37  item  mempunyai  nilai  yang  baik.  Perencanaan evaluasi atau penilaian kisi-kisi soal dan skor sudah representatif, penyajian soal memiliki komponen yang jelas dan pemberian skor yang diwujudkan dengan checklist dan skala sikap baik di SMP Negeri 1 Selogiri maupun SMP Negeri 1 Wonogiri diperoleh nilai yang baik. Pelaksanaan evaluasi di SMP Negeri 1 Selogiri maupun SMP   Negeri   1   Wonogiri   didasarkan   pada   penilaian   sikap,   pengetahuan   dan ketrampilan.  Pelaporan  hasil  evaluasi  didasarkan  pada  hasil  pengamatan  kegiatan siswa  selama  5  kali  pertemuan,  pelaksanaan  remidi  dengan  memberikan  tugas membaca buku kumpulan teks fabel dan pembagian raport sesuai dengan ketentuan sekolah. Dari ketiga pelaporan hasil evaluasi pembelajaran tersebut, masing-masing sekolah sudah menjalankan dengan baik.

Kata kunci: kemampuan menulis, teks fabel, proses pembelajaran