Abstrak


Identifikasi DRPs Ketidaktepatan Pemilihan Obat dan Dosis Penggunaan Antibiotik dalam Pengobatan Demam Tifoid Anak di Rsud Sukoharjo


Oleh :
Ani Nurhayati - M3514007 - Fak. MIPA

ABSTRAK

Demam   tifoid   merupakan   suatu   penyakit   infeksi   sistemik   yang disebabkan   oleh   Salmonella   typhi   yang   masih   dijumpai   secara   luas   di berbagai negara berkembang, seperti Indonesia. Pengobatan demam tifoid masih didominasi oleh berbagai jenis antibiotik, namun penggunaan antibiotik yang tidak tepat dapat menyebabkan terjadinya resistensi antibiotik. Perlu dilakukan evaluasi terapi agar pasien terhindar dari Drug Related Problems (DRPs). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase kejadian DRPs kategori ketidaktepatan dosis dan pemilihan obat pada penggunaan antibiotik dalam pengobatan demam tifoid pasien pediatrik di RSUD Sukoharjo tahun 2016.
Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental yang bersifat deskriptif dengan studi retrospektif. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Data penelitian diambil dari catatan rekam medik pasien yang diperoleh dari instalasi rekam medik RSUD Sukoharjo. Data yang diperoleh selanjutnya diolah dengan menggunakan Microsoft Excel 2013   dan dianalisis kejadian DRPs pada penggunaan obatnya.
Pasien demam tifoid yang memenuhi kriteria inklusi berjumlah 48 pasien yang terdiri dari 58,33 % laki-laki dan 41,67% perempuan. Hasil identifikasi DRPs yang dilakukan bila dibandingkan dengan WHO 2011 dan Depkes 2006 ditemukan 50 kasus DRPs, yaitu kategori subdosis sebanyak 92%, dosis berlebih sebanyak 2%, dan ketidaktepatan pemilihan obat sebanyak 6%.

Kata Kunci : Drug Related Problems (DRPs), demam tifoid, antibiotik, pediatric