Abstrak


Hubungan Genu Varum terhadap Kelincahan dan Delayed Onset Muscle Soreness (DOMS) pada Pemain Sepakbola


Oleh :
I.b. Tri Ojas Saktiana - G0014118 - Fak. Kedokteran

Abstrak

Latar Belakang: Genu varum merupakan kondisi dimana lutut berbentuk seperti huruf  O. Genu varum dapat diketahui dengan cara mengukur jarak intercondylus genu. Keadaan anatomis yang tidak normal ini banyak ditemui pada pemain sepakbola dengan intensitas latihan tinggi sejak usia dini. Genu varum mempengaruhi struktur anatomi lain disekitar articulatio genu.. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan genu varum terhadap kelincahan dan delayed onset muscle soreness (DOMS) pada pemain sepakbola.

Metode: Jenis penelitian analitik observasional dengan rancangan cross sectional. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 30 sampel. Sampel dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok genu varum dan kelompok genu normal dengan cara dilihat jarak intrcondylus. Semua sampel dihitung kelincahannya menggunakan illinois agility test dan dilihat tingkat DOMS menggunakan VAS. Analisa hubungan genu varum terhadap kelincahan dan DOMS menggunakan tes t independent. Hubungan kelincahan sebelum dan setelah latihan menggunakan analisa uji t dependent. Dan hubungan antara besar DOMS dengan kelincahan menggunakan uji korelasi pearson.

Hasil: Semua data yang didapatkan terdistribusi normal dan terdapat varian besar data. Hasil uji t independent pada hubungan genu varum dan kelincahan didapatakan perbedaan yang bermakna dengan p 0.000. Hasil uji t independent pada hubungan genu varum dan DOMS didapatkan hasil yang kurang signifikan dengan p 0.553. Hasil analisa uji t dependent pada kelincahan sebelum dan setelah latihan didapatakn hasil yang signifikan dengan nilai p 0.000. Dan untuk hasil analisa uji korelasi pearson untuk hubungan DOMS dan kelincahan menujukan hasil yang signifikan dengan nilai p 0.001 serta nilai pearson corelation 0.588 yang menunjukan tingat korelasi yang sedang.

Kesimpulan: Genu varum meningkatkan kelincahan pemain sepakbola. Genu varum tidak memiliki hubungan terhadap DOMS. DOMS berpengaruh terhadap kelincahan dan memiliki hubungan korelasi yang positif terhadap kelincahan.

Kata Kunci : Genu varum , delayed onset muscle soreness (DOMS), kelincahan , sepakbola