Abstrak


Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Umum Rawat Jalan pada Pelayanan di Instalasi Farmasi Rsud Sukoharjo


Oleh :
Dwi Lantika Sari - M3514015 - Fak. MIPA

ABSTRAK

Pelayanan  kefarmasian  rawat  jalan  adalah  pelayanan  kefarmasian  yang diberikan atas permintaan dokter kepada farmasis melalui resep dokter, untuk penyediaan obat-obat dan atau perbekalan farmasi lain bagi pasien. Kualitas pelayanan obat merupakan hal yang penting untuk diperhatikan, karena akan dipersepsikan oleh pasien setelah mengonsumsi barang atau jasa yang mempengaruhi kepuasan  pasien. Data kunjungan pasien umum rawat jalan di instalasi farmasi pada tahun 2017 mengalami penurunan dari tahun sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat kepuasan pasien umum rawat jalan pada pelayanan di instalasi farmasi RSUD Sukoharjo.
Penelitian ini termasuk jenis non eksperimental dan bersifat deskriptif. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan indikator lima dimensi Service Quality (SERVQUAL) yaitu reliability, responsiveness, assurance, emphaty dan tangible. Kuesioner yang digunakan memenuhi uji validitas dan reliabilitas. Tingkat kepuasan pasien diketahui dengan membandingkan nilai kinerja instalasi farmasi yang dirasakan pasien dengan harapan yang diinginkan pasien.
Pasien umum rawat jalan yang memenuhi kriteria inklusi sebanyak 238 pasein. Hasil olah data menunjukkan bahwa kepuasan pasien umum rawat jalan di instalasi farmasi RSUD Sukoharjo secara kesuluruhan sudah merasa puas dengan tingkat kepuasan sebesar 90,83% (puas). Pada dimensi reliability sebesar 88,27% (puas), dimensi responsiveness sebesar 91,11% (puas), dimensi assurance sebesar 91,45% (puas), dimensi emphaty sebesar 91,34% (puas), dan dimensi tangible sebesar 91,88% (puas).

Kata Kunci : Kepuasan, pasien umum, instalasi farmasi, RSUD Sukoharj