Abstrak


Peranan Account Executive sebagai Penghubung Antara Klien dengan PT Mara Advertising Yogyakarta


Oleh :
Fadellin Dara Prima Devi - D1314040 - Fak. ISIP

ABSTRAK

Kegiatan Kuliah Kerja Media (KKM) merupakan mata kuliah wajib untuk mahasiswa   semester   akhir   guna   melengkapi   syarat   kelulusan   perkuliahan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan mahasiswa melalui praktek kerja secara langsung. Penulis memilih PT Mara Advertising untuk melaksanakan Kuliah Kerja Media karena Mara Advertising merupakan salah satu advertising full service agency terbaik di kota Yogyakarta. Penulis memlih divisi Account Executive  karena  penulis  ingin  mempelajari  bagaimana  cara  kerja  seorang Account Executive di dalam periklanan sebagai penghubung antara klien dengan advertising agency. Account Executive merupakan seseorang yang bertugas mencari klien untuk melakukan penawaran dan kerjasama.
Account Executive mempunyai peranan dengan klien dan juga dengan advertising agency. Peranan Account Executive dengan klien adalah untuk menghandle klien di dalam mengkoordinasi dan membuat strategi pemasaran. Sedangkan peranan Account Executive di dalam divisi advertising agency adalah untuk melakukan kerja sama tim di dalam mengerjakan semua project klien mulai dari membuat brief sampai penayangan iklan di media publishing.
Penulis melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Media kurang lebih selama dua bulan mulai dari bulan Februari hingga bulan April. Selama delapan minggu penulis melaksanakan  kegiatan Kuliah Kerja Media (KKM), mulai dari minggu pertama  sampai  minggu  terakhir,  beberapa  aktivitas  yang  dilakukan  penulis adalah mempelajari brief klien, presentasi kepada klien hingga mengikuti brainstorming untuk project dari klien. Penulis juga mengikuti beberapa kegiatan mulai dari meeting untuk event hingga terlibat langsung untuk membantu dalam event tersebut. Penulis juga mengikuti kegiatan bulanan perusahaan yaitu “sesi senja” dan juga mengikuti proses pemotretan iklan klien.
Kegiatan Kuliah Kerja Media (KKM) yang telah dilaksananakan penulis di PT Mara Advertising selama kurang lebih dua bulan ini, memberikan banyak manfaat  bagi  penulis.  Penulis  bisa  mendapatkan  pengalaman  kerja  secara langsung di Advertising Agency sesuai dengan program studi yang diambil dan divisi yang dipilih, yaitu Account Executive. Dengan kegiatan Kuliah Kerja Media (KKM) ini penulis dapat memahami bagaimana peranan seorang Account Executive hubungannya dengan klien dan advertising agency.

Kata kunci : kuliah kerja media, account executive, klien, iklan