Abstrak


Gambaran Pengetahuan Swamedikasi Gastritis (Maag) pada Mahasiswa Non Farmasi FMIPA Universitas Sebelas Maret


Oleh :
Titis Maratush Shalihah - M3514051 - Fak. MIPA

ABSTRAK

Gastritis (maag) adalah iritasi pada lambung yang diakibatkan oleh peningkatan produksi asam lambung. Gastritis (maag) merupakan salah satu penyakit ringan yang dapat diatasi dengan pengobatan sendiri (swamedikasi). Pada pelaksanaannya, swamedikasi dapat menjadi sumber terjadinya kesalahan pengobatan. Oleh karena itu, perlu adanya pengetahuan yang baik agar swamedikasi yang dilakukan tepat. Salah satu faktor yang mempengaruhi pengetahuan seseorang adalah pendidikan. Pada penelitian ini, responden adalah mahasiswa yang secara umum merupakan seseorang yang berpendidikan tinggi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui gambaran pengetahuan swamedikasi gastritis (maag) pada mahasiswa non farmasi FMIPA Universitas Sebelas Maret.
Penelitian ini termasuk penelitian non eksperimental yang bersifat deskriptif. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa non farmasi FMIPA UNS yaitu sebanyak 1.800 orang. Jumlah sampel yang diteliti sebanyak 180 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan swamedikasi penyakit gastritis (maag) 88?lam kategori sangat baik dan 12?lam kategori baik.


Kata Kunci: gastritis, swamedikasi, pengetahuan