Abstrak


Pengelolaan Sumber Daya Manusia dalam Kepatuhan Pemakaian Alat Pelindung Diri pada PT Kusumahadi Santosa


Oleh :
Yoga Dwi Utami - F3514079 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

Kecelakaan Kerja Merupakan kejadian yang tidak terduga dan sangat merugikan pelaku usaha maupun pekerja. Kecelakaan bisa terjadi karena faktor Sumber Daya Manusia. Oleh karena itu upaya untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan kerja pelaku usaha harus melakukan berbagai cara salah satunya dengan penyediaan Alat Pelindung Diri. Akan tetapi masalah yang terjadi di lapangan adalah etos kerja dari Sumber Daya Manusia yang tidak mematuhi aturan penggunaan alat pelindung diri tersebut.
Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan Sumber Daya Manusia dalam penerapan pemakaian alat pelindung diri, juga untuk mengetahui kesesuaian aturan yang berlaku dengan yang terjadi di lapangan. Serta mengetahui faktor apa yang membuat pekerja tidak mematuhi aturan penggunaan alat pelindung diri.
Objek penelitian ini adalah PT. Kusumahadi Santosa yang berlokasi di Jl. Raya Jaten Km 9.4 Karanganyar. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder dengan dilakukan metode pengumpulan data yaitu wawancara dan observasi.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah bahwa PT. Kusumahadi Santosa telah menerapkan pengelolaan yang cukup baik akan tetapi belum maksimal. Dimana masih banyak Sumber Daya Manusia yang tidak mematuhi aturan khususnya dalam penerapan pemakaian alat pelindung diri sebagai upaya untuk meminimalisir kecelakaan kerja.

Kata Kunci: Pengelolaan sumber daya manusia, Penerapan Penggunaan alat pelindung diri