Abstrak


Efektivitas Peran Pendamping Dalam Pelaksanaan Program Keluarga Harapan Bidang Kesehatan Di Kecamatan Bayat Kabupaten Klaten


Oleh :
Atifa Iin Dirgantari - D0112011 - Fak. ISIP

ABSTRAK

Sejak tahun 2007, pemerintah indonesia telah melaksanakan Program Keluarga Harpan (PKH). Program Keluarga Harapan meruapakan bantuan tunai bersyarat berfokuskan pada bidang kesehatan dan pendidikan. Keberhasilan PKH salah satunya ditentukan oleh pendamping program yang intensif dan berkelanjutan yang memiliki peran sebagai Fasilitator, Mediator dan Advokasi. Perbandingan rasio pendamping PKH dengan peserta PKH yang tidak seimbang di Kecamatan Bayat menjadi beban tersendiri bagi pendamping mengingat Kecamatan Bayat merupakan jumlah penerima manfaat terbesar kedua di Kabupaten Klaten.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas peran pendamping dalam pelaksanaan program keluarga harapan khususnya bidang kesehatan di Kecamatan Bayat Klaten. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Informan ditentukan dengan teknik Purposive Sampling. Data yang digunakan terdiri data primer dan sekunder, yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi langsung dan dokumentasi. Keabsahan data diuji menggunakan teknik triangulasi dengan memanfaatkan sumber data yang terkumpul. Data dianalisis menggunakan model interaktif berdasarkan aspek-aspek yang telah ditentukan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran pendamping dalam pelaksanaan PKH bidang kesehatan di Kecamatan Bayat Klaten sudah efektif. Sebagai fasilitator, pendamping PKH telah mampu menjadi fasilitator bagi UPPKH dan peserta PKH baik selama proses sosialisasi, pendampingan dan penyaluran dana bantuan meskipun masih minimnya fasilitas bagi pendamping PKH yang terbatas hanya menggunakan sarana dan prasarana pribadi pada pelaksanaannya, namun demikian tidak menjadikan kenda dalam melaksanakan tugas dan perannya. Sebagai mediator, pendamping PKH telah mampu memediasi KSM dengan mendampingi langsung Kelompok Usaha Bersama (KUBE) pada pertemuan kelompok bulanan. Sebagai advokasi, pendamping PKH telah mampu mengadvokasi peserta PKH yakni ibu hamil untuk dapat memenuhi seluruh komitmen PKH dibidang kesehatan.
Kata kunci : Peran, Pendamping, Program Keluarga Harapan