Abstrak


Penerapan Prinsip Kerja Sama dalam Talk Show dr. Oz Indonesia di Trans TV


Oleh :
Evandari Martina Kusumastuti - C0212026 - Fak. Ilmu Budaya

Abstrak

Evandari Martina Kusumastuti. C0212026. 2012. Penerapan Prinsip Kerja Sama dalam Talk Show dr. Oz Indonesia di Trans TV. Skripsi: Jurusan Sastra Indonesia. Fakultas Ilmu Budaya. Universitas Sebelas Maret.
Permasalahan  yang  dibahas  dalam  penelitian  ini  yaitu  (1)  Bagaimana terjadi pematuhan prinsip kerjasama dalam talk show dr. Oz Indonesia di Trans TV? (2) Bagaimana terjadi pelanggaran prinsip kerjasama dalam talk show dr. Oz Indonesia di Trans TV? (3) Bagaimana terjadi implikatur yang disebabkan oleh pelanggaran prinsip kerjasama dalam talk show dr. Oz Indonesia di Trans TV.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan terjadinya pematuhan prinsip kerjasama dalam talk show dr. Oz Indonesia di Trans TV, (2) Mendeskripsikan terjadinya pelanggaran  prinsip kerjasama dalam talk show dr. Oz Indonesia di Trans TV, (3) Mendeskripsikan terjadinya implikatur pelanggaran prinsip kerjasama dalam talk show dr. Oz Indonesia di Trans TV.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan pragmatik. Sumber data penelitian ini adalah tayangan talk show DOI   di Trans TV pada bulan Januari sampai  Februari  2016.  Data  dalam  penelitian  ini  adalah  dialog  yang  berupa tuturan  dari  percakapan  antara  pembawa  acara  dengan  bintang  tamu  serta penonton beserta konteks yang terdapat dalam talk show DOI  di Trans TV dari bulan Januari sampai Februari 2016. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik simak bebas libat cakap  dan teknik catat. Metode analisis data dalam  penelitian  ini  mengunakan,  metode  cara-tujuan  (means-end),  metode
heuristik dan metode kontekstual. Teknik penyajian hasil analisis data dalam penelitian ini menggunakan penyajian informal yaitu berupa kata-kata biasa untuk menafsirkan maksud tuturan yang menjelaskan hasil dari analisis data dalam penelitian ini.
Simpulan dari penelitian ini adalah pertama, dari analisis yang dilakukan pada talk show DOI   di Trans TV terdapat pematuhan dan pelanggaran prinsip kerja  sama.  Pematuhan  dan  pelanggaran  prinsip  kerja  sama  tersebut  meliputi empat maksim yang di kemukakan oleh Grice yaitu maksim kuanititas, maksim kualitas, maksim relevansi, dan maksim cara. Kedua, implikatur yang terdapat dalam  talk  show  DOI  di  Trans  TV  sebanyak  14  jenis  implikatur.  Implikatur tersebut   adalah   implikatur   implikatur   pemberitahuan,   implikatur   alasan, implikatur harapan, implikatur tidak setuju, implikatur keraguan, implikatur pertanyaan, implikatur gurauan, implikatur rayuan, implikatur memuji, implikatur
larangan, implikatur tawaran, implikatur saran, implikatur ejekan, dan implikatur simpulan.

Kata Kunci : Prinsip Kerja Sama, Implikatur, Talk Show