Abstrak


Pengaruh Model Pembelajaran Science Environment Technology And Society (Sets) Terhadap Hasil Belajar IPA (Eksperimen Pada Siswa Kelas V Se Gugus Teuku Umar Kecamatan Laweyan Tahun Ajaran 2016/2017)


Oleh :
Ulfah Ratna Widanti - K7113217 - Fak. KIP

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Science Environment Technology And Society (SETS) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V.
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain group control pre test- post test. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas V SD Negeri se Gugus Teuku Umar Kecamatan Laweyan Tahun Ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Bumi 1 yang berjumlah 22 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V SD Negeri Sriwedari berjumlah 22 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dalam bentuk soal pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan uji t. Uji prasyarat analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Science Environment Technology And Society (SETS) berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar IPA. Hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung = 3,848 > ttabel = 2,074.
Kata Kunci : Science Environment Technology and Society, Student Teams Achievement Division, hasil belajar IPA