Abstrak


Studi Kinerja Dan Biaya Operasional Kendaraan Po Damri Koridor I Kota Surakarta Performance Study And Vehicle Operating Cost Analysis Of PO Damri Corridor I Surakarta


Oleh :
Annas Sholikhah - I8214004 - Fak. Teknik

ABSTRAK

Surakarta merupakan kota dengan penduduk berjumlah 512.226 orang pada tahun 2015 berdasarkan data BPS. Dengan jumlah penduduk terus meningkat setiap tahunnya. Kondisi ini menyebabkan peningkata arus perpindahan penduduk dari suatu tempat ke tempat lain, sehingga keberadaan angkutan kota dapat membantu kelancarannya. Angkutan kota sebagai bagian dari transportasi umum ikut memegang peran penting dalam mendukung perpindahan penduduk di Kota Surakarta.
Pada studi ini dilakukan analisis terhadap kinerja angkutan kota pada PO DAMRI Koridor 1 di Surakarta. Tujuannya adalah pihak atau instansi terkait yang berkepentingan dapat mengevaluasi pengaturan pelayanan angkutan kota dan melihat peluang untuk menerapkan sistem trayek angkutan kota/perkotaan. Pengukuran kinerja dilakukan dengan menggunakan indikator load factor, kecepatan operasional, kecepatan perjalanan, headway dan waktu tunggu. Selain itu juga dilakukan analisis perhitungan Biaya Operasional Kendaraan (BOK) pada operasionalnya berdasarkan Pedoman Kementrian Pekerjaan Umum Pd T-15-2005-B berikut dengan analisa penentuan tarif. Metode yang digunakan adalah survei lapangan untuk mendapatkan data primer, kemudian diolah untuk dibandingkan dengan standar pelayanan sesuai Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor SK.687/AJ.206/DRJD/2002.
Dari hasil analisa, dapat disimpulkan bahwa kinerja load factor menghasilkan nilai sebesar 37,89?ngan standar 70% yang berarti belum memenuhi standar. Indikator kecepatan berada di atas standar yang ditetapkan dengan hasil 26,06 km/jam untuk kecepatan operasional dan 20,91 km/jam untuk kecepatan perjalanan. Standar kecepatan yaitu 10-12 km/jam. Pada indikator headway, hasil di lapangan menunjukkan headway 12 menit atau di bawah standar ideal 5-10 menit. Waktu tunggu di lapangan menghasilkan nilai sebesar 6 menit dengan standar waktu tunggu 5-10 menit. Penumpang PO DAMRI Koridor 1 dengan persentase terbesar adalah berjenis kelamin laki-laki (56,44%), berumur 15-19 tahun (19,8%) dan bekerja swasta (26,73%). Analisis Biaya Operasional Kendaraan (BOK) dengan metode Kementerian Pekerjaan umum dan load factor 70% sesuai dengan ketetapan SK.687/AJ.206/DRDJ/2002 menghasilkan tarif sebesar Rp5.317,4660,- per pnp-rit.
Kata kunci: kinerja angkutan umum, BOK, Kementerian Pekerjaan Umum