Abstrak


Perhitungan Harga Pokok Produksi Konstruksi Baja dan Kanopi Berdasarkan Job Order Costing pada Bengkel Putra Bersama


Oleh :
Fuad Fauzi - F3314053 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Abstrak

Harga pokok produksi merupakan salah satu hal yang penting untuk dicermati, terutama pada perusahaan manufaktur karena berkaitan dengan penentuan harga jual yang kompetitif serta profitabilitas perusahaan.
    Penelitian ini dilakukan pada Bengkel Putra Bersama yang berlokasi di Surakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan antara perhitungan harga pokok produksi di Bengkel Putra Bersama dengan perhitungan harga pokok produksi berdasarkan metode job order costing serta perbedaan yang ada.
    Dalam penelitian ini didapatkan bahwa Bengkel Putra Bersama memperhitungkan harga pokok produksi yang lebih rendah dibandingkan dengan perhitungan metode job order costing. Hal tersebut disebabkan karena tidak diperhitungkannya biaya penyusutan aktiva. Selain itu juga belum terklasifikasikannya biaya-biaya overhead pabrik dan biaya bahan penolong sebagai bagian terpisah dari biaya bahan baku. Perhitungan harga pokok produksi dengan menggunakan metode job order costing menyebabkan profitabilitas perusahaan menurun, apabila menginginkan tingkat profit yang sama dengan pembebanan biaya berdasarkan job order costing perlu adanya penyesuaian harga jual produk. Hasil dari penelitian ini dijadikan dasar oleh penulis untuk memberi rekomendasi bagi Bengkel Putra Bersama yaitu agar pemilik usaha dapat lebih teliti dalam menerapkan strategi penjualan dengan memperhatikan beban-beban yang ada namun tetap bermain dengan harga jual yang kompetitif di pasarnya.

Kata Kunci : Harga Pokok Produksi, Job Order Costing