Abstrak


Peranan Lembaga Amil Zakat Al-Ihsan Jawa Tengah Cabang Solo dalam Membantu Masyarakat Muslim Ekonomi Lemah di Solo Tahun 2000-2015


Oleh :
Agus Dwi Saputra - C0512005 - Fak. Ilmu Budaya

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui (1) latar belakang berdirinya Lembaga Amil Zakat Al-Ihsan Jawa Tengah (LAZIS JATENG) Cabang Solo. (2) Untuk mengetahui bagaimana pengelolaan managemen Lembaga Amil Zakat Al-Ihsan Jawa Tengah (LAZIS JATENG) Cabang Solo Tahun 2000-2015. (3) Untuk Mengetahui progam-progam apa saja yang telah diberikan Lembaga Amil Zakat Al-Ihsan Jawa Tengah (LAZIS JATENG) Cabang Solo kepada masyarakat kota Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode historis, sehingga langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi heuristik, kritik sumber, baik intern maupun ekstern, interpretasi dan historiografi. Pengumpulan data diproleh dari arsip-arsip yang tersedia di Lembaga Amil Zakat Al-ihsan Cabang Solo, beberapa buku dan karya ilmiah. Data yang terkumpul kemudian diinterpretasikan berdasarkan kronologisnya.
Hasil penelitian menunjukan Lembaga Amil Zakat Al-ihsan (LAZIS) berdiri di Solo tanggal 12 oktober 2000 adalah lembaga sosial yang bergerak dalam bidang pengelolaan dana Zakat, infaq, shodaqoh dan wakaf (ZISWAF). Melalui dana ZISWAF yang dikelola dengan baik mampu meningkatkan kesejahtraan bagi masyarakat muslim terutama masyarakat muslim yang berekonomi lemah. LAZIS Solo merupakan cikal bakal berdirinya LAZIS Jawa Tengah yang mempunyai kantor pusat di Semarang.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah latar belakang berdirinya LAZIS di Solo merupakan tempat untuk mengelola dan memaksimalkan dana ZIWAF untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat muslim di Solo. Pengelolaan managemen di LAZIS terus ditingkatkan terutama dalam kualitas  dan kuantitas sumber daya manusia serta program yang diberikan kepada masyarakat. Perkembangan LAZIS tahun 2000-2015 mengalami peningkatan, baik dari segi penghimpunan dana ZISWAF maupun daerah pemanfaatanya. Daerah pemanfaatan LAZIS yang semula hanya lingkup daerah, sekarang sudah menjadi lingkup provinisi. Program yang diberikan LAZIS dalam membantu masyarakat ekonomi lemah di Solo adalah Progam Pendidikan, Progam Yatim dan Dhuafa, Progam Sosial Ekonomi, Progam Peduli Kemanusian, dan Progam Da’wah. Melalui progam-progam tersebut LAZIS berupaya membantu masyarakat ekonomi lemah di Solo untuk menjadi masyarakat yang lebih maju.

Kata Kunci: Zakat, LAZIS, Solo