Abstrak


Lokalisasi Wisma Wanita Harapan Dusun Gude, Desa Teguhan, Kecamatan Jiwan, Kabupaten Madiun, Provinsi Jawa Timur2010 – 2014


Oleh :
Dewi Rahmawati - C0512020 - Fak. Ilmu Budaya

ABSTRAK


Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu: 1). Apa yang melatarbelakangi berdirinya Lokalisasi Wisma Wanita Harapan Dusun Gude? 2). Bagaimana dinamika Lokalisasi Wisma Wanita Harapan Dusun Gude Madiun tahun 2010-2014? 3). Bagaimana proses resosialisasi penghuni Lokalisasi Wisma Wanita Harapan  Dusun Gude Madiun pada tahun 2010-2014?
Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui latar belakang berdirinya Lokalisasi Wisma Wanita Harapan Dusun Gude Madiun, untuk mengetahui dinamika Lokalisasi Wisma Wanita Harapan Dusun Gude di Madiun tahun 2010-
2014,  dan  untuk  mengetahui  proses  resosialisasi  penghuni  Lokalisasi  Wisma
Wanita Harapan Dusun Gude Madiun pada tahun 2010-2014. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah, Heuristik, yaitu proses mencari sumber- sumber  tertulis  maupun  lisan,  Kritik  Sumber  berupa  kritik  intern  dan  kritik ekstern, Interpretasi, yaitu sumber-sumber yang terseleksi dirangkaikan menjadi satu  kesatuan.  Tahap  terakhir  Historiografi,  yaitu  menyajikan  dalam  bentuk tulisan secara deskriptif dan berusaha melukiskan suatu keadaan berdasarkan fakta yang tersedia. Sumber  didapat  dengan  menggunakan  dokumen-dokumen  yang diperoleh dari Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Madiun, arsip-arsip dari Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur, dan koran sejaman seperti Radar Madiun.
Berdasarkan analisis terhadap sumber-sumber yang telah terkumpul, dapat disimpulkan bahwa Lokalisasi Wisma Wanita Harapan Dusun Gude berdiri pada tahun   1978.   Berdirinya   Lokalisasi   ini   dikarenakan   banyaknya   PSK   yang beroperasi di pinggir jalan yang menyebabkan kurang enak dipandang, sehingga dibuatkan satu lokasi sebagai tempat beroperasi para PSK tersebut. Para PSK yang menempati Lokalisasi Gude berinteraksi baik dengan mucikari, para pelanggan, dan warga sekitar lokalisasi. Pelanggan yang datang berasal dari kalangan menengah ke bawah. Namun, pada tahun 2010 telah dikeluarkan Surat Edaran Gubernur Jawa Timur yang menyerukan agar seluruh lokalisasi di Jawa Timur untup dilakukan penutupan. Sebelum penutupan lokalisasi, para PSK dan mucikari diberi bermacam-macam pelatihan keterampilan sesuai bakat dan minat yang dimiliki. Pelatihan keterampilan bertujuan agar semua PSK dan mucikari dapat beralih profesi yang lebih baik. Dan pada tahun 2014, Lokalisasi Wisma Wanita Harapan Dusun Gude resmi ditutup oleh pemerintah.

 

Kata Kunci: Lokalisasi, Prostitusi, Madiun.