Abstrak


Upaya Peningkatan Kunjungan Wisatawan melalui Event Wisata Solo International Performing Art di Kota Surakarta


Oleh :
Muhammad Fadlil Abdul Aziz - C9413039 - Fak. Ilmu Budaya

ABSTRAK

Laporan Tugas Akhir ini meneliti tentang penyelenggaraan event wisata SIPA (Solo International performing Art) dan dampak bagi tingkat kunjungan wisatawan Kota Surakarta serta SIPA menjadi objek wisata alternatif bagi Kota Surakarta.
Penulisan Tugas Akhir ini disajikan secara diskriptif. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu : observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisa dan disajikan secara diskriptif.
Hasil dari penelitian menunjukan bahwa event wisata SIPA (Solo International Performing Art) memiliki konsep pengelolaan yang baik sehingga dapat meningkatkan kunjungan wisatawan Kota Surakarta. Dan event budaya ini memiliki multieffect bagi Kota Surakarta yaitu SIPA menjadi objek wisata alternatif dan membuka lahan pekerjaan bagi masyarakat sekitar Kota Surakarta.
Berdasarkan pembahasan di atas, disimpulkan bahwa event wisata SIPA (Solo Interational Performing Art) yang diselenggarakan pertama kali pada 2009 di Kota Surakarta menjadi salah satu event wisata budaya yang berskala Internasional yang banyak diminati oleh wisatawan mancanegara maupun domestik.  Tercapailah  tujuan  Pemerintah  Kota  Surakarta  untuk  meningkatkan
tingkat kunjungan wisatawan Kota Surakarta dapat tercapai. Tercapainya wisatawan melalui event SIPA ini mendapatkan respon oleh masyarakat Kota Surakarta untuk menjadikan event wisata ini menjadi peluang usaha sementara.

Kata Kunci : Pengelolaan, Wisata, SIPA, Wisatawan