Abstrak


Akomodasi Bahasa di Surakarta dalam Ranah Perdagangan:Studi Kasus di Pasar Klewer


Oleh :
Tri Yulia Nurhalimah - C0213068 - Fak. Ilmu Budaya

ABSTRAK

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana bentuk akomodasi bahasa yang digunakan pedagang etnis Cina, Jawa, dan Arab kepada pembeli di Pasar Klewer? 2) Apa fungsi bahasa yang muncul berkaitan dengan penggunaan bahasa di ranah perdagangan oleh pedagang etnis Cina, Jawa, dan Arab kepada pembeli di Pasar Klewer? dan 3) Apa tujuan terjadinya akomodasi bahasa oleh pedagang etnis Cina, Jawa, dan Arab kepada pembeli di Pasar Klewer?
Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan bentuk akomodasi bahasa yang digunakan oleh pedagang etnis Cina, Jawa, dan Arab kepada pembeli di Pasar Klewer 2) Mendeskripsikan fungsi akomodasi bahasa yang digunakan pedagang etnis Cina, Jawa, dan Arab kepada pembeli di Pasar Klewer 3) Mendeskripsikan tujuan terjadinya akomodasi bahasa oleh pedagang etnis Cina, Jawa, dan Arab kepada pembeli di Pasar Klewer.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Lokasi penelitian adalah Pasar Klewer, Surakarta. Data dalam penelitian ini adalah dialog pedagang dan pembeli di Pasar Klewer. Sumber data dalam penelitian ini adalah pedagang dan pembeli ketika melakukan interaksi jual beli di Pasar Klewer. Metode yang digunakan dalam pengambilan data adalah metode simak dan cakap. Teknik dasar yang digunakan dalam metode simak adalah sadap dan teknik lanjutan yang digunakan adalah simak bebas libat cakap, simak libat cakap, rekam, dan catat, sedangkan teknik dasar yang digunakan dalam metode cakap adalah teknik dasar pancing dan teknik lanjutan cakap semuka, rekam, dan catat. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kontekstual dengan menggunakan acuan komponen tutur SPEAKING.
Hasil penelitian ini menunjukkan bentuk akomodasi bahasa terhadap bahasa Jawa oleh pedagang etnis Jawa dan Cina menunjukkan bentuk konvergensi dan pedagang etnis Arab divergensi, sedangkan bentuk akomodasi terhadap bahasa Indonesia oleh pedagang etnis Jawa, Cina, dan Arab adalah konvergensi. Fungsi bahasa yang paling banyak muncul adalah fungsi referensial dan kontekstual. Tujuan adanya akomodasi bahasa tersebut adalah untuk meyakinkan pembeli, untuk kelancaran komunikasi, dan untuk menjalin keakraban dengan pembeli.
Kata Kunci : Pasar Klewer, akomodasi, Ranah perdagangan