Abstrak


Pemberitaan Kebijakan Presiden dalam Menetapkan Budi Gunawan sebagai Calon Kapolri pada Surat Kabar


Oleh :
Agustina Fitria Dewi - D1212006 - Fak. ISIP

ABSTRAK

Salah satu peranan media adalah sebagai sarana belajar untuk mengetahui berbagai peristiwa. Berdasarkan peranan tersebut membuat kantor media massa sebagai penyedia jasa informasi dan berita menjadi semakin tumbuh pesat dimasyarakat. Sehingga membuat setiap kantor media massa bersaing untuk mengelola pemberitaan secara optimal. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui isi pemberitaan kebijakan presiden dalam menetapkan Budi Gunawan sebagai calon Kapolri pada surat kabar Kompas periode Januari – Februari 2015.
Metode dalam penelitian ini menggunakan analisis isi kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pemberitaan mengenai penetapan Budi Gunawan sebagai calon Kapolri yang terbit pada surat kabar harian Kompas terbitan Januari sampai dengan Februari 2015. Sedangkan sampelnya adalah berita tentang penetapan Budi Gunawan sebagai calon Kapolri pada harian Kompas edisi 8 Januari – 23 Februari 2015. Jenis data yang digunakan adalah data primer, dimana pengumpulan data dilakukan dengan jalan mengamati dan menghitung munculnya berita tentang penetapan Budi Gunawan sebagai calon Kapolri pada harian Kompas edisi 8 Januari – 23 Februari 2015. Sedangkan data sekunder diperoleh peneliti secara tidak langsung melalui pengumpulan studi pustaka, jurnal, dan dokumen lainnya yang mendukung data primer dalam penelitian ini.  
Hasil analisis isi yang dilakukan pada penelitian ini diperoleh bahwa pemberitaan mengenai kebijakan presiden dalam menetapkan Budi Gunawan sebagai calon Kapolri sebagian besar menggunakan format berita straight news yakni berita yang ditampilkan secara aktual dan lugas, judul beritanya lebih banyak ditulis secara implisit, letak beritanya paling banyak terdapat di non headline, sifat beritanya kombinasi antara informatif dan argumentatif, tipe liputannya satu sisi dan arah pemberitaannya netral.

Kata Kunci : Berita dan Analisis Isi