Abstrak


Pola Komunikasi, Identitas Kelompok dan Groupthink (Studi Kasus Pola Komunikasi dalam Pembentukan Identitas Kelompok dan Groupthink Di kalangan Taruna Akademi Kepolisian Semarang Korps Daerah Jogja-Solo)


Oleh :
Margaretha Happy Putri - D0212066 - Fak. ISIP

ABSTRAK
Di Indonesia banyak sekali sekolah dengan sebutan Akademi, di mana siswanya bernama Taruna atau Taruni. Sekolah akademi mengedepankan pendidikan dengan kedisiplinan yang tinggi bagi siswanya. Banyak aturan yang harus dipatuhi taruna maupun taruni.  Begitu pula dengan Akademi Kepolisian (AKPOL) Semarang. Taruna – taruni AKPOL berasal dari berbagai wilayah di Indonesia. Kemudian, masing-masing daerah akan membentuk Korps atau kelompok yang lebih kecil lagi, yaitu Korps daerah. Di dalam sebuah kelompok daerah biasanya memiliki kohesivitas yang tinggi. Salah satu Korps daerah di AKPOL adalah Korps daerah Joglo (Jogja-Solo). Menurut Irving L. Janis, kelompok yang memiliki kohesivitas yang tinggi akan mengalami groupthink.

Menurut teori diatas, peneliti membuat penelitian deskriptif kualitatif ini, dengan tujuan untuk mencari tahu tentang fenomena groupthink di korps Joglo. Peneliti menggunakan metode studi kasus untuk menganalisa dengan wawancara mendalam, karena dengan melakukan wawancara data primer bisa diperoleh.

Hasil temuan dan kesimpulan dari penelitian ini adalah kohesivitas tinggi dalam Korps Joglo menyebabkan kelompok tersebut mengalami gejala groupthink berupa loyalitas yang tinggi, adanya superioritas kelompok, stereotip terhadap kelompok luar, dan adanya sensor diri dalam pengambilan keputusan Korps Joglo

Kata Kunci : Komunikai Kelompok, Pola Komunikasi, Kohesivitas, Groupthink