Abstrak


Capacity Building Kerjasama Selatan-Selatan dan Triangular Indonesia Kepada Palestina Pada Tahun 2005-2014


Oleh :
Sampe Sabar Siahaan - D0413048 - Fak. ISIP

ABSTRAK

Kebijakan Pemerintah  Indonesia dalam implementasi  Kerjasama Selatan-Selatan dan Triangular kepada Palestina melalui pemberian bantuan berupa program capacity building menjadi topik utama yang dikaji dalam penelitian ini. Kebijakan pemerintah Indonesia kepada Palestina tersebut dianalisis dari aspek formulasi dan implementasi kebijakan.
Penelitian   ini   menggunakan   pendekatan   kualitatif   dengan   teknik
pengumpulan data berupa studi pustaka dan wawancara. Analisis data menggunakan analisa data kualitatif yang terdiri dari tahap dokumentasi, pengkategorian, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Validasi data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Kerangka pemikiran penelitian ini berangkat dari analisis formulasi dan implementasi kebijakan luar negeri, teori interdependensi kompleks , dan konsep capacity building.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Palestina merupakan salah satu negara prioritas Indonesia dalam pelaksanaan Kerjasama Selatan-Selatan dan Triangular. Komitmen ini dilatarbelakangi komitmen Indonesia dalam Konferensi Asia-Afrika di Bandung serta sebagai wujud komitmen Indonesia dalam mendukung penuh Palestina mendapatkan kedaulatan yang seutuhnya. Komitmen Indonesia tersebut direalisasikan melalui kerangka kerjasama bilateral, multilateral maupun inter-regional, diantaranya yaitu komitmen Indonesia dalam kerjasama New Asian African Strategic Partnership (NAASP) dan dilanjut dengan Conference on Cooperation Among East Asian Countries for Palestinian   Develoment   (CEAPAD).   Dalam   pertemuan   NAASP,   disepakati bahwa negara-negara Asia Afrika akan memberikan bantuan capacity building kepada 10.000 warga Palestina dalam kurun waktu 5 tahun dan dalam kesempatan itu, Indonesia berkomitmen akan memberikan bantuan capacity building  bagi  1.000  warga  Palestina.  Hingga  akhir  Agustus  2016,  Indonesia telah memberikan bantuan capacity building kepada 1774 warga Palestina.

 

Kata Kunci: Capacity Building, Kerjasama, Selatan-Selatan, Triangular, NAASP, CEAPAD