Abstrak


Strategi Komunikasi Pemerintah Kota Surakarta dalam Sosialisasi E-Retribusi (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Strategi Komunikasi Dinas Pengelolaan Pasar Kota Surakarta Dalam Sosialisasi Program e- Retribusi Pasar di Kota Surakarta )


Oleh :
Silagrecia Jiwan Puspita Sari - D1212073 - Fak. ISIP

ABSTRAK
Program e- retribusi merupakan sistem informasi manajemen retribusi pasar untuk Dinas Pengelolaan Pasar , dimana pembayaran retribusi secara manual di ubah menjadi elektrik dengan kartu. Program ini bertujuan untuk meminimalisir penyimpangan penarikan retribusi, adanya transparansi, membudayakan menabung untuk pedagang, dan salah satu bentuk mewujudkan Solo Smart City. Program baru ini akan membutuhkan sosialisasi kepada pedagang sebagai wajib retribusi yang dilakukan oleh Dinas Pengelolaan Pasar Kota Surakarta.

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui strategi komunikasi Dinas Pengelolaan Pasar Kota Surakarta dalam sosialisasi program e- retribusi; (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi Dinas Pengelolaan Kota Surakarta dalam sosialisasi program e- retribusi. Teori yang mendukung penelitian tentang strategi komunikasi yaitu teori Laswell.  Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan sumber data primer yang diperoleh dari wawancara mendalam.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dinas Pengelolaan Pasar Kota Surakarta telah melaksanakan strategi komunikasi yang diawali dengan perencanaan berupa rapat koordinasi dan pelaksanaan strategi komunikasi dilakukan dengan sosialisasi dan launching program e-retribusi. Tahapan startegi komunikasi yang dilakukan oleh Dinas Pengelolaan Pasar Kota Surakarta yaitu, mengenal khalayak; menyusun pesan; menentukan metode dilakukan dengan metode persuasif, informatif, dan educative;seleksi penggunaan media dimana media yang digunakan koran, radio dan tv lokal, dan melalui pertemuan tatap muka; evaluasi dilakukan dengan rapat dan secara langsung bila terjadi kendala secara teknis. Dalam penelitian ini ditemukan faktor pendukung berupa dukungan dari pimpinan dan stakeholder, adanya paguyuban, dan sarana prasarana yng mendukung. Sedang faktor penghambat muncul dari komunikan dimana para pedagang sudaj memiliki mindset dan pola perilaku yang telah mengakar lama dengan cara lama.

Saran peniliti, Dinas Pengelolaan Pasar Kota Surakarta  dalam penggunaan media untuk sosialisasi dapat ditambahkan lagi jenisnya seperti pembuatan modul program; sebaiknya membuat program-program kegiatan yang lebih menarik agar mendukung sosialisasi program e-retribusi.

Kata Kunci : strategi komunikasi, sosialisasi, DPP Kota Surakarta