Abstrak


Proses Humas dalam Pelaksanaan Corporate Social Responsibility


Oleh :
Sufi Rahmawati - D0212096 - Fak. ISIP

ABSTRAK

Komunikasi oleh perusahaan saat ini telah berkembang, contohnya komunikasi sebagai upaya perusahaan untuk memenuhi kebutuhan khalayak yang mulai meluas pada citra dan tingkah laku positif perusahaan. Dalam beberapa riset tentang konsumen, menunjukkan perluasan minat konsumen dari produk menuju korporat. Dengan kata lain, kepercayaan khalayak diperlukan untuk keberlangsungan perusahaan. Kondisi ini menuntut perusaahaan untuk memperhatikan dan mengupayakan pemenuhan kepentingan umum di atas pemenuhan kebutuhan konsumen terhadap produk semata. Salah satu caranya dengan melakukan komunikasi khalayak melalui tanggungjawab sosial perusahaan. Oleh karena itu selama satu dekade terakhir bermunculan regulasi yang mengatur pelaksanaan CSR oleh perusahaan.
Perusahaan di Indonesia yang melaksanakan komunikasi dengan khalayaknya demi keberlanjutan perusahaan adalah PT Djarum. Sebagai contoh kasusnya Djarum Trees For Life Program Konservasi Pantai Utara Jawa Tengah yang pelaksanaannya melalui proses humas. Proses humas sendiri merupakan salah satu bentuk manajemen PT Djarum. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses humas dalam Trees For Life Program Konservasi Pantai Utara Jawa Tengah yang dilaksanakan dari tahun 2007 hingga 2013 di Kelurahan Mangunharjo, Semarang.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Informan dalam penelitian ini dipilih berdasarkan teknik purposive sampling. Sementara pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik wawancara mandalam dan studi pustaka. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan validitas dan triangulasi.
Dari penelitian diperoleh hasil bahwa PT Djarum berupaya menyampaiakan pesan penghijauan kepada khalayak. Dan untuk dapat menjangkau khalayak dan menciptakan kesepahaman, pelaksanaan Trees For Life Program Konservasi Pantai Utara Jawa Tengah dilakukan melalui proses humas yang terdiri dari fact finding, planning, action and communication, serta evaluation. Komunikasi dalam program tersebut berada pada tingkatan komunikasi interpersonal, publik, dan massa. Sementara model komunikasi humas yang digunakan merupakan gabungan dari model public information dan two ways symetris.

Kata Kunci: Proses Humas, Strategi Komunikasi, Tanggungjawab Sosial Perusahaan