Abstrak


Peningkatan Keterampilan Menulis Berita Berbahasa Jawa melalui Model Mind Mapping dengan Media Gambar Tunggal pada Siswa Kelas X IPA 4 SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/ 2018


Oleh :
Kindy Qisworo - K4213045 - Sekolah Pascasarjana

ABSTRAK

        Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran keterampilan menulis teks berita berbahasa Jawa pada siswa kelas X IPA 4 SMA Negeri 5 Surakarta tahun ajaran 2017/2018 melalui model pembelajaran Mind Mapping dengan media gambar tunggal.
         Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Tindakan dalam penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 4 SMA Negeri 5 Surakarta yang berjumlah 32 siswa. Sumber data yang digunakan berupa peristiwa, informan dan dokumen. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, analisis dokumen, dan tes. Uji validitas data yang digunakan adalah teknik triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif komparatif dan analisis kritis.
         Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Mind Mapping  dengan media gambar tunggal dapat meningkatkan proses dan hasil pembelajaran siswa dalam menulis teks berita berbahasa Jawa dengan peningkatan pada setiap siklusnya. Proses belajar siswa dinilai dari segi keaktifan pada aspek bertanya mengalami peningkatan dari kondisi awal 38% menjadi 66%. Pada aspek menjawab mengalami peningkatan dari kondisi awal 54% menjadi 71%. Pada aspek berpendapat mengalami peningkatan dari kondisi awal 44% menjadi 75%. Adapun peserta didik yang memperoleh nilai ketuntasan keterampilan menulis teks berita berbahasa Jawa yang mencapai KKM 75 pada pratindakan atau sebelum adanya tindakan sebesar 34% kemudian meningkat pada siklus I sebesar 63?n meningkat kembali pada siklus II sebesar 94%. Berdasarkan data hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Mind Mapping dengan media gambar tunggal dapat meningkatkan keterampilan menulis teks berita berbahasa Jawa pada siswa kelas X IPA 4 SMA Negeri 5 Surakarta tahun ajaran 2017/2018.

Kata Kunci: keterampilan menulis pawarta, Mind Mapping, media gambar tunggal