Abstrak


Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas Iiia Sdit Insan Cendekia Boyolali Tahun Ajaran 2016/2017)


Oleh :
Mitha Yulia Sari - K7113142 - Fak. KIP

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi melalui penerapan model Kooperatif tipe Think Pair Share pada siswa kelas IIIA SDIT Insan Cendekia Boyolali Tahun Ajaran 2016/2017.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IIIA SDIT Insan Cendekia Boyolali tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 18 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan ialah teknik analisis model interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji validitas data menggunakan triangulasi teknik dan isi.
Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelas yang diperoleh saat pratindakan sebesar 72,78 meningkat menjadi 75 pada siklus I dan naik lagi menjadi 81 pada siklus II. Jumlah siswa pada pratindakan yang mencapai KKM sebanyak 7 siswa (39%), pada siklus I sebanyak 11 siswa (61%), dan mengalami peningkatan kembali menjadi sebanyak 16 siswa (89%) di siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa: melalui penerapan model Kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas IIIA SDIT Insan Cendekia Boyolali tahun ajaran 2016/2017.
Kata kunci: Think Pair Share, keterampilan menulis, keterampilan menulis deskripsi.