Abstrak


Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Akuntansi di SMK


Oleh :
Lintang Wulandari - K7412107 - Fak. KIP

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan mengetahui: (1) kelayakan media pembelajaran berbasis Adobe Flash untuk pembelajaran akuntansi di SMK dan (2) keefektifan media pembelajaran berbasis Adobe Flash dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Akuntansi di SMK.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian pengembangan media berbasis Adobe Flash ini menggunakan  prosedur  Borg  dan  Gall  yang  dimodifikasi  menjadi  sembilan langkah yaitu: 1) penelitian dan pengumpulan data awal, 2) perencanaan, 3) pengembangan draf produk awal, 4) validasi desain, 5) revisi produk, 6) uji coba awal, 7) revisi produk, 8) uji coba lapangan, dan 9) penyempurnaan produk akhir. Validasi desain dilakukan oleh ahli media, ahli materi, dan praktisi. Subjek uji coba terdiri dari 10  siswa pada uji coba awal, serta 30 siswa pada kelas XI Akuntansi 2 SMK Wikarya Karanganyar (kelas eksperimen) dan 30 siswa pada kelas XI akuntansi 1 di SMK Wikarya Karanganyar (kelas kontrol) dalam uji coba lapangan.  Instrumen  pengumpulan  data  terdiri  dari  angket  dan  dokumentasi.
Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial melalui independent sample t-test dan paired sample t-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Pertama, media pembelajaran berbasis Adobe Flash dinyatakan layak digunakan pada pembelajaran akuntansi di
SMK. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata validasi dari ahli media sebesar
4,833 dengan kategori “sangat layak, ahli materi   sebesar 3,74 dengan kategori “layak”, praktisi   sebesar 4,19 dengan kategori “layak”, serta penilaian siswa sebesar  4,324  dengan  kategori  “sangat  layak”.  Kedua,  media  pembelajaran berbasis   Adobe   Flash   pada   pembelajaran   Akuntansi   efektif   meningkatkan motivasi belajar siswa di SMK. Temuan menunjukkan adanya perbedaan motivasi belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan perolehan signifikansi 0,000 atau kurang dari 0,05, dengan rata-rata motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen 4,05 dan kelas kontrol 3,61 dalam kategori “tinggi”. Simpulan penelitian ini adalah pengembangan media pembelajaran berbasis adobe flash layak dan efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran akuntansi di SMK.

Kata Kunci : Media Pembelajaran, Adobe Flash, Motivasi Belajar.