Abstrak


Peningkatan Proses dan Kompetensi Membaca Memindai dalam Menemukan Informasi Secara Cepat dan Tepat dari Buku Telepon melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament pada Siswa Kelas VIII PKBM Sahabat Karanganyar Tahun Ajaran 2016/2017


Oleh :
Muhammad Abid Mukhlishin - K1211037 - Fak. KIP

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada tidaknya peningkatan proses dan kompetensi  membaca  memindai  untuk  menemukan  informasi  secara  cepat  dan tepat  dari  buku  telepon  melalui  penerapan  model  pembelajaran  kooperatif tipe teams games tournament pada siswa siswa kelas VIII PKBM Sahabat Karanganyar tahun ajaran 2016/2017.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII PKBM Sahabat Karanganyar tahun ajaran  2016/2017.  Jenis  data dalam  penelitian  ini  adalah  data kecepatan menemukan informasi kelompok nama dan nomor telepon seseorang dalam buku telepon serta data sikap siswa selama proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis dokumen, observasi, dan wawancara. Teknik uji validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi data. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik  deskriptif  komparatif.  Indikator  kinerja  penelitian  ini  adalah  persentase siswa yang dapat menemukan informasi dari dalam buku telepon dengan cepat dan tepat tanpa melampaui batas waktu yang telah ditentukan dan menunjukkan sikap yang baik selama pross pembelajaran sebesar 75?ri keseluruhan populasi. Prosedur penelitian ini meliputi: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi; dan (4) analisis dan refleksi.
Pasca-penerapan siklus I, rata-rata waktu untuk menemukan kelompok nama dalam buku telepon adalah 17 detik, meningkat dibandingkan tahap pra-tindakan dan 25% siswa melampaui KKM. Rata-rata waktu untuk menemukan informasi nomor telepon seseorang dalam buku telepon adalah 53,4 detik, meningkat dibandingkan tahap pra-tindakan dan 100% siswa melampaui KKM. 83.3% siswa mampu bersikap baik, meningkat dibandingkan 33,3% pada tahap pra-tindakan. Pasca-penerapan  siklus  II,  rata-rata  waktu  untuk  menemukan  kelompok  nama dalam buku telepon adalah 8,4 detik, meningkat dibandingkan tahap siklus I dan
83,3%  siswa  melampaui  KKM.  Rata-rata  waktu  untuk  menemukan  informasi nomor telepon seseorang dalam buku telepon adalah 27,2 detik, meningkat dibandingkan tahap siklus I dan 100% siswa telah melampaui KKM. 100% siswa mampu bersikap baik, meningkat dibandingkan 83,3% pada tahap pra-tindakan.
Disimpulkan bahwa ada peningkatan proses dan kompetensi membaca memindai dalam menemukan informasi secara cepat dan tepat dari buku telepon melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament pada siswa kelas VIII PKBM Sahabat Karanganyar tahun ajaran 2016/2017.
Kata Kunci: pembelajaran kooperatif, Teams Games Tournament, membaca memindai, buku telepon