;

Abstrak


Gambaran Reseptivitas Endometrium pada Penderita Endometriosis


Oleh :
Andy Wijaya - S581108001 - Sekolah Pascasarjana

ABSTRAK


Penelitian penulis bertujuan untuk mengetahui adanya defek reseptivitas endometrium pada wanita endometriosis yang dapat menyebabkan penurunan angka keberhasilan implantasi sehingga menyebabkan infertilitas. Implantasi embrio membutuhkan proses yang harmonis dimana keseimbangan ekspresi Matrix metaloprotein-9 (MMP-9) and Insulin-like Growth Factor -1 (IGF-1) yang diproduksi oleh endometrium menjadi salah satu syarat dan kondisi utama. Penelitian penulis merupakan penelitian case-control dengan variabel tergantung adalah reseptivitas endometrium dan endometriosis yang didiagnosis melalui pemeriksaan klinis dan laparoskopi. Variabel bebas penulis adalah ekspresi MMP-9 dan IGF-1. Subjek penelitian adalah 30 wanita  endometriosis yang menjalani operasi bedah laparoskopi, dan sebagai kontrol adalah 30 wanita normal. Penulis melakukan biopsi endometrium pada  semua subjek penelitian dilajutkan dengan pemeriksaan imunohistokimia untuk menganalisa ekspresi  MMP-9 and IGF-1 di endometrium.
Penulis mendapatkan perbedaan yang bermakna secara statistik, dimana ekspresi MMP-9 dan IGF-1 pada wanita endometriosis lebih tinggi dibandingkan dengan wanita normal,  dengan nilai p=0,001; OR=33.3 untuk MMP-9 dan p=0.013, OR=25.33 untuk IGF-1. Uji regresi linier untuk ekspresi MMP-9 and IGF-1 dengan mempertimbangkan seluruh variabel luar yang ada dalam penelitian ini juga menunjukan ekspresi MMP-9 and IGF-1 yang lebih tinggi pada wanita endometriosis dibandingkan dengan wanita nomal, dimana secara statitik juga bermakna dengan nilai p=0.03; OR=51.245 ;CI 95%= 15.202-
51.398 untuk MMP-9 dan secara statistik kurang bermakna dengan nilai p=0.996; OR=0.125; CI95%= -54.367 – 54.617 untuk IGF-1. MMP-9 dan IGF-1 dapat berperan sebagai biomarker implantasi embrio, dimana meningkat pada wanita endometriosis sehingga menyebabkan gangguan pada proses invasi embrio.
Dapat penulis simpulkan bahwa ekspresi MMP-9 dan IGF-1 pada wanita endometriosis lebih tinggi dibandingkan wanita normal. Peningkatan ekspresi MMP-9 dan IGF-1 pada wanita endometriosis menyebabkan defek reseptivitas endometrium yang menurunkan angka keberhasilan implantasi embrio sehingga menyebabkan infertilitas pada wanita endometriosis.

Kata Kunci: MMP-9, IGF-1, Reseptivias Endometrium, Endometriosis.