;

Abstrak


Analisis Kualitas Air Tanah Dan Pola Konsumsi Air Masyarakat Sekitar Industri Kertas Pt Jaya Kertas Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk (Implementasi Bahan Ajar Kelas XI Materi Lingkungan Hidup)


Oleh :
Muhamad Naslilmuna - S881502014 - Sekolah Pascasarjana

Keberadaan industri kertas di sekitar permukiman Dukuh Klinter ini secara tidak langsung mempengaruhi kondisi lingkungan di daerah ini. Masyarakat merasakan adanya perubahan kualitas lingkungan yang mereka tempati, salah satu yang dirasakan oleh masyarakat adalah menurunnya kualitas air tanah yang mereka gunakan untuk konsumsi sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap (1) Kualitas Air Tanah, (2) Mengetahui Tingkat Kebutuhan Air, (3) Mengetahui Pola Konsumsi Air, (4) Mengetahui Implementasi Hasil Penelitian untuk bahan ajar pada bidang pendidikan setingkat SMA/MA.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan analisis keruangan. Sampel pada penelitian ini adalah air tanah pada pemukiman warga yang berlokasi disekitar industri kertas, dan juga masyarakat yang tinggal disana khususnya Dukuh Klinter.
Hasil penelitian menunjukkan dari 6 sampel air yang diambil untuk dianalisis dilaboratorium menunjukkan adanya pencemaran logam berat Pb, dan kadar O2 yang ada didalam air, selain itu ke 6 sampel air memiliki kadar bakteri coliform yang melebihi baku mutu yang telah ditetapkan. Penggunaan rata-rata konsumsi air oleh masyarakat Dukuh Klinter menunjukkan angka 138,1 liter per hari yang didominasi oleh penggunaan untuk kebutuhan MCK. Pola Penggunaan air masyarakat dukuh Klinter cenderung membedakan penggunaan air untuk konsumsi (masak dan minum) dan kebutuhan sanitasi hal ini dilakukan karena masyarakat merasa kualitas air tanah sudah tidak layak untuk digunakan untuk minum dan masak. Dari hasil implementasi penelitian kepada peserta didik setingkat SMA/MA didapatkan bahwa bahan ajar layak untuk dipergunakan sebagai salah satu sumber belajar peserta didik.