Abstrak


Peran Production Assistant dalam Proses Produksi Program Merajut Asa Trans|7


Oleh :
Adhita Srie Aryani - D1414001 - Fak. ISIP

Abstrak

Televisi sebagai media komunikasi diakui telah banyak memberikan sumbangsih bagi perkembangan peradaban manusia. Di antara sekian banyak stasiun televisi dan program acara yang ada, Trans|7 merupakan salah satu stasiun televisi yang konsisten menyajikan berbagai program-program informatif dan edukatif kepada audiennya. Pada akhir semester Diploma III mahasiswa diwajibkan untuk melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Media (KKM) guna bisa menerapkan ilmu yang sudah dipelajari selama perkuliahan, khususnya di bidang penyiaran. Hal tersebut membuat penulis tertarik untuk melakukan Kuliah Kerja Media di stasiun televisi Trans|7. Selain itu, penulis melakukan kegiatan Kuliah Kerja Media dan menyelesaikan laporan tugas akhir ini dalam rangka untuk memperoleh gelar Ahli Madya (A.Md).

Menurut Subroto (1994:13) televisi sebagai media massa sangat dirasakan manfaatnya, sebab dalam waktu yang relatif singkat dapat menjangkau wilayah dengan jumlah penonton yang tidak terbatas. Televisi dinilai sebagai media massa yang paling efektif saat ini, dan banyak menarik simpati kalangan masyarakat luas, kerena perkembangan teknologinya begitu cepat. Hal ini disebabkan oleh sifat  audio  visualnya  yang  tidak  dimiliki  media  massa  lainnya.  Sedangkan program atau acara yang disajikan adalah faktor yang membuat audiens tertarik untuk mengikuti siaran yang ditayangkan.

Selama mengikuti magang penulis ditempatkan pada divisi news, lebih tepatnya pada program ‘Merajut Asa’ Trans|7, di sana penulis bertugas dan berkesempatan menjadi seorang production assistant. Penulis mendapatkan banyak pengetahuan serta  mengalaman  baru  khususnya  di  bidang  penyiaran  dan  juga  memahami tentang  peranan  production  assistant  dalam  proses  produksi  program  acara televisi.

Kesimpulan  yang  penulis  dapat  setelah  melaksanakan  kegiatan  Kuliah  Kerja Media dan menyusun laporan tugas akhir adalah bahwa seorang production assistant memiliki tugas dan tanggung jawab yang penting dalam menentukan keberhasilan sebuah tayangan dan ketepatan dalam mengkoordinasi proses produksi baik teknik maupun administratif, untuk mengurus seluruh keperluan program mulai dari pra produksi, produksi, hingga pasca produksi. Penulis juga memberikan  beberapa  saran  untuk  instansi  tempat  penulis  melakukan  Kuliah Kerja Media  yaitu  Trans|7,  dan  juga pihak D III Komunikasi  Terapan  FISIP Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Kata Kunci : penyiaran, kuliah kerja media, merajut asa, production assistant, Trans|7