Abstrak


Peran Reporter pada Proses Produksi Program ‘Eksis Abis’ Trans|7


Oleh :
Wulan Harjanti - D1414061 - Fak. ISIP

Abstrak

Di  antara  sekian  banyak  stasiun  televisi  dengan  program  acara  yang  ada,
TRANS|7 merupakan salah satu stasiun televisi yang konsisten menyajikan berbagai program edukatif kepada khalayak. Sehingga penulis melakukan Kuliah Kerja Media (KKM) di stasiun televisi TRANS|7. Meskipun pada pelaksanaan KKM penulis ditempatkan pada peran Production Assistant, pada tugas akhir ini penulis membahas tugas dan peran Reporter pada sebuah program televisi. Hal ini dikarenakan penulis tertarik pada tugas-tugas reporter yang penting dan menjadi salah satu kunci dari kualitas materi tayangan yang dihasilkan.
Media penyiaran merupakan organisasi yang menyebarkan informasi baik berupa produk budaya atau pesan yang mempengaruhi dan mencerminkan masyarakat. Oleh karena itu, media massa khususnya media penyiaran adalah suatu sistem tersendiri yang merupakan bagian dari sistem kemasyarakatan yang lebih luas. Televisi  merupakan  media  komunikasi  yang  menyediakan  berbagai  informasi yang disebarkan kepada khalayak  umum, isi pesan  yang disampaikan dengan unsur audiovisual. Televisi mampu memberi penekanan secara efektif terhadap pesan atau maksud yang dituju dengan memberi pemusatan pandangan. Hal ini membuat perkembangan televisi semakin pesat, ditunjukkan dengan banyaknya stasiun televisi saat ini. Peran repoter juga penting dalam proses produksi program news. Pada dasarnya seorang reporter harus memiliki wawasan yang luas, hal itu didapat jika ia rajin membaca, mengikuti seminar, dan berdikusi dengan banyak orang. Reporter yang memiliki wawasan luas, biasanya memiliki visi, sangat kritis dan kreatif. Reporter memiliki tanggung jawab yang besar kepada khalayak atas kebenaran yang ia sampaikan.
Selama kegiatan magang, penulis juga mendapat kesempatan untuk mengikuti Dinas Luar Kota (DLK) atau liputan di wilayah Jawa Barat. Pada kesempatan itu, penulis diajarkan tentang tugas menjadi seorang reporter, hingga pada akhirnya penulis menyusun laporan ini dengan membahas tugas serta peran reporter dalam program ‘Eksis Abis’ Trans|7.
Penulis  dapat  memahami  bagaimana  peran  reporter  dalam  produksi  program
‘Eksis Abis’. Reporter harus mencari materi, mengumpulkan data, membuat naskah, mengurus keperluan liputan, dan melakukan liputan. Seorang reporter harus cakap dan kreatif. Saran yang penulis sampaikan adalah agar segala keperluan administratif lebih dipermudah.

Kata Kunci : penyiaran, magang, trans|7, reporter