Abstrak


Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Tolak Peluru Gaya Ortodox Melalui Modifikasi Alat Bantu Pembelajaran Pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 16 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016


Oleh :
Dimas Ragil Prayogo - K5610031 - Fak. KIP

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar tolak peluru gaya ortodox melalui modifikasi alat bantu pembelajaran pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 16 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan  tindakan,  observasi,  dan  refleksi.  Subyek  penelitian  adalah  siswa kelas VIII C SMP Negeri 16 Surakarta yang berjumlah 24 siswa yang terdiri dari
10 siswa putra dan 14 siswa putri. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi dan penilaian hasil belajar tolak peluru gaya ortodox. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan prosentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui modifikasi alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar tolak peluru gaya ortodox siswa dari prasiklus ke siklus I dan siklus I ke siklus II. Proses pembelajaran pada prasiklus   belum   menggunakan   modifikasi   alat   bantu   pembelajaran   untuk membantu siswa dalam mempelajari gerakan tolak peluru gaya ortodox sehingga keterampilan tolak peluru gaya ortodox siswa masih rendah dan hasil belajar tolak peluru gaya ortodox siswa kurang maksimal. Dari hasil analisis diperoleh peningkatan yang signifikan dari prasiklus ke siklus I dan siklus I ke siklus II. Pada prasiklus, siswa yang tuntas mencapai 37,50 %, Pada siklus I, siswa yang tuntas mencapai 66,67 %, sedangkan pada siklus II mencapai 92,86 %.
Simpulan penelitian ini adalah modifikasi alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar tolak peluru gaya ortodox siswa kelas VIII C SMP Negeri 16 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016.
Kata kunci: Hasil belajar, tolak peluru gaya ortodox, modifikasi alat bantu pembelajaran