Abstrak


Penerapan Model Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Pembelajaran IPS Tentang Perjuangan Mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia Di Kelas V SDN Tanjungsari Tahun Ajaran 2016/2017


Oleh :
Auliya Zahra - K7113037 - Fak. KIP

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Quantum Teaching, (2) Meningkatkan motivasi belajar pada pembelajaran IPS tentang perjuangan mempersiapkan kemerdekaan di Indonesia di kelas V SDN Tanjungsari . Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan enam kali pertemuan. Pada tiap pertemuan terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru kelas V dan siswa kelas V SDN Tanjungsari yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini, yaitu: observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) langkah-langkah penerapan model Quantum Teaching yaitu; (a) Tumbuhkan, (b) Alami, (c) Namai, (d) Demontrasikan, (e) Ulangi, dan (f) Rayakan. (2) penerapan model Quantum Teaching dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SDN Tanjungsari tahun ajaran 2016/2017 yang dibuktikan dengan meningkatnya persentase motivasi. Untuk motivasi mencapai 74% pada siklus I, 88,4% pada siklus II, dan 98,9% pada siklus III. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model Quantum Teaching dapat meningkatkan motivasi belajar IPS siswa kelas V SDN Tanjungsari tahun ajaran 2016/2017.
Kata kunci: Quantum Teaching, motivasi belajar, IPS