;

Abstrak


Pengembangan Instrumen Penilaian Two-Tier Multiple Choice Question untuk Mengidentifikasi Kemampuan Siswa dalam Memecahkan Masalah pada Materi Kimia Sistem Koloid Kelas XI SMA/MA


Oleh :
Agustin Dwi Cahya Merdekawati - S831502035 - Sekolah Pascasarjana

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian two-tier multiple choice question yang berkualitas baik ditinjau dari validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan indeks pengecoh pada materi Sistem Koloid dan dapat digunakan untuk mengidentifikasi kemampuan memecahkan masalah yang dimiliki oleh siswa.
    Pengembangan instrumen penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan yang menganut pada model Borg dan Gall dalam prosedurnya, yaitu: 1) penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, 2) perencanaan, 3) pengembangan produk awal, 4) uji coba lapangan awal, 5) revisi produk awal, 6) uji coba lapangan utama, 7) revisi produk utama, 8) uji coba pelaksanaan lapangan, dan 9) revisi produk akhir. Penelitian dan pengembangan ini melibatkan beberapa siswa dari SMA N 1 Sragen, SMA N 2 Sragen dan SMA N 3 Sragen dengan total siswa yang terlibat adalah 281 siswa. Validasi instrumen penelitian two-tier multiple choice question ini menggunakan metode Aiken dengan 8 validator ahli.
Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah instrumen penilaian two-tier multiple choice question yang telah dikembangkan dinyatakan layak dan berkualitas baik dengan nilai validitas soal adalah lebih dari 0,88 (valid), memiliki reliabilitas tes rata-rata 0,739 (tinggi), memiliki daya pembeda dengan persentase 25% jelek, 37,5% cukup dan 37,5?ik untuk soal utama dan 30% jelek, 27,5% cukup dan 42,5?ik untuk soal alasan, memiliki tingkat kesukaran dengan persentase 17,5% mudah 77,5% cukup dan 5% sulit untuk soal utama dan 25% mudah, 75% cukup dan 0% sulit untuk soal alasan, serta indeks pengecoh telah berfungsi dengan baik. Instrumen penilaian two-tier multiple choice question yang telah dikembangkan dinyatakan dapat mengidentfikasi kemampuan memecahkan masalah oleh 93,33 % siswa responden.         

Kata Kunci : Penelitian dan pengembangan, instrumen penilaian, two-tier multiple choice question, kemampuan memecahkan masalah, sistem koloid