;

Abstrak


Pembelajaran Kimia Menggunakan Metode Problem Posing dan Reciprocal Teaching Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Verbal (Penelitian Pembelajaran Kimia Materi Pokok Termokimia Kelas XI Semester I SMA N 1 Nguter Tahun Pelajaran 2013/2014)


Oleh :
Arista Novia Dewi - S831208009 - Sekolah Pascasarjana

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk  mengetahui pengaruh pembelajaran kimia menggunakan metode problem Posing dan Resiprocal Teaching, kemampuan berpikir kritis, kemampuan verbal dan interaksinya terhadap prestasi belajar
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu, populasinya terdiri siswa kelas XI IPA. Sampel yang diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Kelas XI IPA 1 diberikan pembelajaran dengan metode Resiprocal Teaching, sedangkan XI IPA 2 diberikan pembelajaran dengan metode Problem Posing. Data dikumpulkan dengan tes untuk prestasi kognitif, kemampuan verbal dan kemampuan berpikir kritis, dan observasi untuk prestasi belajar psikomotor serta angket untuk prestasi belajar afektif. Teknik analisis data menggunakan analisis non parametrik Kruskal Wallis.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Ada pengaruh pembelajaran kimia menggunakan metode Probem Posing dan Resiprocal Teaching baik  prestasi ranah kognitif, afektif dan psikomotor. (2) Ada pengaruh kemampuan berfikir kritis terhadap prestasi afektif, tetapi tidak ada pengaruh terhadap prestasi kognitif dan psikomotor. (3) Ada pengaruh kemampuan verbal terhadap prestasi kognitif dan psikomotor, tetapi tidak ada pengaruh terhadap prestasi afektif. (4) Ada interaksi antara metode pembelajaran Problem Posing dan Resiprocal Teaching dengan kemampuan berfikir kritis tinggi dan rendah terhadap prestasi kognitif, afektif, dan pikomotor. (5) Ada interaksi antara metode pembelajaran Problem Posing dan Resiprocal Teaching dengan kemampuan verbal tinggi, rendah terhadap prestasi kognitif, afektif maupun psikomotor. (6) Ada interaksi antara kemampuan verbal  dan kemampuan berfikir kritis terhadap prestasi kognitif dan afektif. Tetapi, tidak ada interksi pada prestasi psikomotor. (7) Ada interaksi antara metode Problem Posing dan Resiprocal Teaching dengan kemampuan berfikir kritis dan kemampuan verbal terhadap prestasi kognitif, afektif dan psikomotor.

Kata kunci : Metode Problem Posing, metode Resiprocal Teaching, Kemampuan awal, Kemampuan berpikir kritis