Abstrak


Upaya Meningkatkan Kreativitas Dan Keterampilan Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Work Based Learning Pada Pembelajaran Praktik Pemesinan Frais Dasar Bagi Siswa Kelas XC Jurusan Teknik Pemesinan SMK Warga Surakarta Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017


Oleh :
Nasrul Aidi - K2513094 - Fak. KIP

ABSTRAK

Tujun penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas dan keterampilan belajar siswa kelas XC SMK Warga Surakarta pada mata pelajaran Praktik Pemesinan Frais Dasar dengan menggunakan model pembelajaran Work Based Learning.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua Siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini berjumlah 38 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan pemberian tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama penerapan model pembelajaran Work Based Learning dapat meningkatkan kreativitas dan keterampilan belajar siswa. Kreativitas pada prasiklus memperoleh 47?n keterampilan belajar memperoleh 47%. Pada siklus I kreativitas memperoleh 73?n keterampilan belajar memperoleh 71%. Pada siklus II kreativitas memperoleh 88?n keterampilan belajar memperoleh 78%.
Penerapan model pembelajaran Work Based Learning dapat meningkatkan kreativitas dan keterampilan belajar dalam mata pelajaran Praktik Pemesinan Frais Dasar bagi siswa kelas XC SMK Warga Surakarta tahun ajaran 2016/2017.
Kata Kunci: Work Based Learning, kreativitas, keterampilan belajar, dan mesin frais.