Abstrak


Peningkatan Keterampilan Membaca Intensif Melalui Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Setono No. 95 Surakarta Tahun 2016/2017


Oleh :
Nurhayu Ikaratri - K7113163 - Fak. KIP

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) meningkatkan keterampilan membaca intensif melalui strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA)pada siswa kelas IV SD Negeri Setono No. 95 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017; (2) mendeskripsikan langkah-langkah strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) yang tepat untuk meningkatkan keterampilan membaca intensif pada siswa kelas IV SD Negeri Setono No. 95 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif. Penelitian dilaksanakan selama tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah ssiwa kelas IV SD Negeri Setono No. 95 Surakarta yang berjumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, pedoman wawancara dan tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan verification. Uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dilaksanakan dengan langkah-langkah: (a) membuat prediksi dari petunjuk judul, (b) membuat prediksi dari petunjuk gambar, (c) membaca bahan bacaan (dalam hati), dan (d) menilai ketepatan prediksi dan menyesuaikan prediksi; (2) penerapan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dapat meningkatkan keterampilan membaca intensif pada siswa kelas IV SD Negeri Setono No. 95 Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Hal itu dibuktikan dengan perolehan persentase ketuntasan siswa pada siklus I sebesar 52,63%, pada siklus II meningkat menjadi 78,95?n pada siklus III meningkat menjadi 86,84%.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dapat meningkatkan keterampilan membaca intensif pada siswa kelas IV SD Negeri Setono No. 95 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017
Kata Kunci: Directed Reading Thinking Activity (DRTA), Keterampilan Membaca Intensif