Abstrak


Analisis Pengaruh Faktor Ekonomi dan Non-Ekonomi terhadap Permintaan Pulsa Produk PT. Telkomsel pada Mahasiswa di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret Jurusan Ekonomi Pembangunan Tahun 2016


Oleh :
Wido Nugroho Ismanu Diharjo - F0111080 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor ekonomi dan non-ekonomi terhadap permintaan pulsa produk PT. Telkomsel  di mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis universitas sebelas maret jurusan ekonomi pembangunan  tahun 2016. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pengeluaran pulsa telkomsel, pendapatan, pengeluaran 1 bulan,lama penggunaan kartu, Nomor yang digunakan, lama menggunakan HP dalam 1 hari, dan tempat tinggal. Objek dari penelitian ini adalah mahasiswa Ekonomi Pembangunan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret angkatan 2013 sampai 2016 yang menggunakan produk PT. Telkomsel.
    Penelitian ini menggunakan data populasi Pengguna kartu Produk PT. Telkomsel di mahasiswa Ekonomi Pembangunan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret dengan  pendekatan statistik deskriptif dan alat analisis Regresi Linier Berganda. Pendekatan dengan analisis ini di anggap lebih sesuai untuk melihat insensitas hubungan antar variabel ekonomi dan non ekonomi terhadap permintaan pulsa produk PT. Telkomsel.
Pada penelitian permintaan pulsa produk PT. Telkomsel di mahasiswa ekonomi pembangunan tahun 2016 dapat di simpulkan bahwa variabel pendapatan, nomor yang digunakan dan tempat tinggal memiliki pengaruh yang negatif. Sedankan pegeluaran pulsa 1 bulan, lama penggunaan kartu, dan lama menggunakan HP dalam 1 hari memiliki pengaruh yang positif.

Kata Kunci : Permintaan Pulsa Produk PT. Telkomsel, Variabel Ekonomi, Variabel Non Ekonomi Regresi Linier Berganda (FRP), Survei, Quisioner