Abstrak


Nilai-Nilai Budaya Jawa Dalam Lirik Lagu Song Of Sabdatama Karya Jogja Hip Hop Foundation (Analisis Wacana Kritis Pada Lirik Lagu Song Of Sabdatama Karya Jogja Hip Hop Foundation)


Oleh :
Mutiara Zipora Abigail - D0213064 - Fak. ISIP

ABSTRAK

Perwujudan nilai-nilai budaya Jawa di kalangan anak muda mulai tersingkirkan dengan budaya modern. Generasi muda yang seharusnya memegang teguh nilai-nilai tersebut, justru semakin tertarik dengan budaya modern yang diadopsi dari budaya Barat. Di Yogyakarta, terdapat komunitas anak muda pecinta musik hip hop yang dibentuk oleh Marzuki Mohamad pada tahun 2003. Musik hip hop yang identik dengan budaya Barat, justru dijadikan Jogja Hip Hop Foundation sebagai inovasi dalam menyampaikan nilai-nilai budaya Jawa. Salah satu karyanya berjudul Song of Sabdatama. Tujuan dari penelitian ini adlah untuk mengetahui nilai-nilai budaya Jawa yang terkandung dalam lirik lagu Song of Sabdatama dalam struktur teks, praktik wacana, dan praktik sosiokultural.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis wacana kritis model Norman Fairclough untuk menganalisis wacana nilainilai budaya Jawa dalam lirik lagu Song of Sabdatama karya Jogja Hip Hop Foundation. Fairclough membagi analisis wacana dalam pendekatan tiga dimensi yaitu: teks, discourse practice (praktik kewacanaan), dan sosiocultural practice (praktik sosiokultural).
Obyek penelitian yang akan diteliti yaitu lirik lagu Song of Sabdatama karya Jogja Hip Hop Foundation. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui wawancara mendalam kepada personil Jogja Hip Hop Foundation; dokumetasi dilakukan dengan mengunduh lagu Song of Sabdatama dan juga pencarian data di internet; serta studi pustaka dengan melakukan pencarian melalui suber-sumber tertulis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lirik lagu Song of Sabdatama karya Jogja Hip Hop Foundation mengandung wacana nilai-nilai budaya Jawa. Dalam dimensi tekks, lirik lagu Song of Sabdatama nilai-nilai budaya Jawa secara tersurat direpresentasikan ke dalam teks lagu melalui berbagai pemilihan kosakata. Sedangkan dalam dimensi praktik kewacanaan ditemukan bahwa pada proses produksi dan konsumsi teks, unsurunsur nilai budaya Jawa juga memperngaruhi terbentuknya sebuah lirik lagu. Pada dimensi praktik sosiokultural mengungkapkan bahwa dalam aspek sosial dan budaya, terdapat nilai budaya Jawa.
Keywords: analisis wacana kritis, lirik lagu, nilai-nilai budaya jawa