;

Abstrak


Keefektifan Aplikasi Analisis Transaksional Dasar(AATD) untuk Memperbaiki Struktur Kepribadian/Egostate Istri PrajurityYang Tinggal di Asrama Militer Kopassus Kartasura


Oleh :
Umbar Sarjono - S571302006 - Sekolah Pascasarjana

Abstrak

Latar Belakang: Kehidupan militer di asrama militer kopassus bersifat eksklusif. Setiap istri prajurit diwajibkan tinggal di asrama militer dan harus dapat menyesuaikan diri dengan aturan, tradisi dan hirarki kepangkatan prajurit. Istri pajurit yang tinggal di asrama militer harus mempunyai strukur kepribadian/egostate  yang normal  agar dapat melakukan adaptasiselama tinggal diasrama militer. Psikoterapi Analisis Transaksional (AT) merupakan salah satu modalitas terapi untuk memperbaiki struktur kepribadian/egostate dan interaksi seseorang dengan orang lain.

Tujuan: Untuk mengetahui keefektifanAplikasi Analisis Transaksional Dasar (AATD) untuk memperbaiki struktur kepribadian/egostate istri prajurit yang tinggal di asrama militer.

Metode:Penelitian ini merupakan studi kuantitatif, denganrancangan penelitian experimental pre-test and pos-test one group design. Subjek ppenelitian adalah istri prajurit yang tinggal di asrama militer kopassus Kartasura yang memenuhi kriteria inklusi dan ekslusi. Pengambilan sampel denganpurposive sampling, diambil107 sebagai subjek penelitian. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner analisis transaksional.yang sudah divalidasi. Data diolah dan dianalisis dengan uji Mc-Nemar menggunakan  program SPSS versi 19,0, dengan  tingkat kemaknaan 5%.

Hasil: Hasil penelitian didapat nilai pre-test egostate abnormal sebesar n=107 (100%), nilai egostate normal pre-test sebesar n= 0 (100%), dan pada  post test diperoleh egostate abnormal sebesar n=70 (65,4%), egostate normal post-test sebesar n=37 (34,6%). Terdapat perbaikan struktur kepribadian/egostate setelah dilakukan psikoterapi AATD, yang secara statistik sangat bermakna (p< 0>

Simpulan: Psikoterapi Aplikasi Analisis Transaksional Dasar (AATD) efektif untuk memperbaiki struktur kepribadian/egostate istri prajurit yang tinggal di asrama militer kopassus Kartasura.

Kata Kunci : Aplikasi Analisis Transaksional Dasar (AATD), asrama militer, keefektifan, istri prajurit, struktur kepribadian/egostate.