Abstrak


Pengaruh Building Blocks Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia 5 – 6 Tahun


Oleh :
Octavia Erlita Ningtyaswati - K8113062 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan building blocks terhadap kemampuan berhitung permulaan anak usia 5 – 6 tahun. Penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian True Experimental Design dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design.
Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 23 anak kelompok B usia 5-6 tahun sebagai kelompok eksperimen pada TK Aisyiyah Nusukan I dan 23 anak kelompok B usia 5-6 tahun sebagai kelompok kontrol pada TK Aisyiyah Nusukan III. Teknik pengumpulan data menggunakan tes lisan dan tes tertulis untuk mengetahui kemampuan berhitung permulaan anak. Analisis data pada penelitian ini menggunakan Independent Sample T-test dan Paired Sample T-test dengan SPSS 15 for Windows. Validitas instrument menggunakan Product Momen Pearson Correlation.
Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan building blocks terhadap kemampuan berhitung permulaan anak usia
5 – 6 tahun. Pada penelitian yang dilakukan oleh peneliti di TK Aisyiyah Nusukan
1 masing-masing anak bisa menyebutkan lambang bilangan 1 – 10, mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan, mengenal perbedaan berdasarkan ukuran “lebih banyak”, “lebih sedikit”, “palig/ter”, dan menggunakan lambang bilangan untuk berhitung melalui building blocks. Hasil analisis data menunjukkan rata-rata pretest pada kelompok eksperimen sebesar 7,8409 dan rata-rata posttest sebesar 12,4639 sehingga terjadi peningkatan sebesar 4,623 , serta analisis data menunjukkan bahwa nilai signifikansi ? < 0>5-6 tahun.