;

Abstrak


Pengaruh Metode Pembelajaran Sugestopedia Terhadap Keterampilan Menulis Deskripsi Ditinjau Dari Motivasi Belajar (Penelitian Eksperimen Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Se-Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016)


Oleh :
Rahmasari Dwimarta - S031502018 - Sekolah Pascasarjana

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ( 1 ) perbedaan keterampilan menulis deskripsi siswa   yang diajar dengan metode pembelajaran sugestopedia dengan siswa yang diajar dengan metode pembelajaran langsung; ( 2 ) perbedaan keterampilan  menulis  deskripsi  siswa  yang  memiliki  motivasi  belajar  tinggi dengan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah; ( 3 ) interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi belajar siswa.
Metode penelitian yang digunakan eksperimental semu (Quasi experimental dengan desain faktorial 2x2. Populasi penelitia ini adalah semua siswa kelas IV SD Negeri se-Kota Surakarta; sampel penelitian 5 SD diambil dari masing-masing kecamatan di Kota Surakarta dengan multy stage sampling. Teknik pengumpulan data   menggunakan   tes   dan   angket.   Tes   digunakan   untuk   mengambil   data keterampilan menulis deskripsi; angket digunakan untuk menjaring data motivasi belajar  siswa.  Uji  validitas  tes  keterampilan  menulis  deskripsi  menggunakan
validitas expert, isi dan konstruk. Uji validitas butir pernyataan angket motivasi belajar menggunakan rumus korelasi product moment. Uji reliabilitas tes keterampilan menulis deskripsi dengan teknik uji reliabilitas rating sedangkan uji reliabilitas butir pernyataan angket motivasi belajar dengan koefisien ? cronbach. Uji normalitas menggunakan metode Lilliefors, sedangkan uji homogenitas menggunakan uji Bartlett. Teknik analisis data menggunakan teknik Analisis Varian Dua jalan (ANAVA Dua Jalan), dilanjutkan uji kefektifan menggunakan scheffe.
Berdasarkan analisi data, pertama, keterampilan menulis deskripsi siswa yang diajar  dengan  metode  sugestopedia  lebih  baik  daripada  keterampilan  menulis deskripsi siswa yang diajar dengan metode langsung. Kedua, keterampilan menulis deskripsi siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi lebih baik daripada keterampilan  menulis  deskripsi  siswa  yang  memiliki  motivasi  belajar  rendah.
Ketiga,  ada  interaksi  antara  metode  pembelajaran  dan  motivasi  belajar  siswa. Dengan uji komparasi ganda ( a ) Pada metode pembelajaran sugestopedia, keterampilan menulis deskripsi siswa dengan motivasi belajar tinggi lebih baik daripada siswa dengan motivasi belajar rendah. ( b ) Pada metode pembelajaran langsung, keterampilan menulis deskripsi siswa dengan motivasi belajar tinggi lebih baik daripada siswa dengan motivasi belajar rendah. ( c ) Pada siswa yang memiliki motivasi tinggi, keterampilan menulis deskripsi siswa yang dikenai metode pembelajaran sugestopedia lebih baik daripada siswa yang dikenai metode pembelajaran langsung. ( d ) Pada siswa yang memiliki motivasi belajar rendah yang dikenai metode pembelajaran Sugestopedia menghasilkan   keterampilan menulis deskripsi yang sama dengan siswa yang dikenai metode pembelajaran Langsung