Abstrak


Gambaran Pengetahuan Swamedikasi Dismenore pada Mahasiswi non Farmasi FMIPA Universitas Sebelas Maret


Oleh :
Utami Ambarsari - M3514055 - Fak. MIPA

Abstrak

Dismenore primer merupakan nyeri kram pada bagian abdomen bawah
terjadi sebelum atau selama menstruasi, yang bukan disebabkan oleh penyakit lain seperti endometriosis. Dismenore primer merupakan penyakit ringan yang dapat disembuhkan dengan swamedikasi. Pada pelaksanaannya swamedikasi dapat menjadi sumber kesalahan pengobatan, sehingga diperlukan pengetahuan yang baik agar swamedikasi yang dilakukan tepat. Pengetahuan yang baik salah satunya dipengaruhi oleh tingkat pendidikan. Pada penelitian ini responden yang diambil adalah mahasiswi yang memiliki tingkat pendidikan tergolong tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pengetahuan yang swamedikasi dismenore pada mahasiswi non farmasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS).
Penelitian ini merupakan penelitian survey yang bersifat deskriptif. Teknik sampling menggunakan  teknik cluster random sampling. Jumlah sampel  yang diambil merupakan 10?ri populasi, sehingga didapatkan sampel sebanyak 108 mahasiswi. Data penelitian diperoleh dari isian kuesioner oleh 108 mahasiswi. Data yang  diperoleh  dilakukan  skoring  kemudian  dilakukan  pengkatagorian pengetahuan responden.
Hasil penilitian menunjukan bahwa pengetahuan swamedikasi dismenore sebanyak 93?lam katagori sangat baik, dan 7?lam katagori baik.

Kata Kunci : pengetahuan, swamedikasi, dismenore