Abstrak


Efektivitas Pengendalian Alih Fungsi Lahan Pertanian Oleh Badan Koordinasi Penataan Ruang Daerah Kabupaten Sukoharjo


Oleh :
Mahardika Rizki Yashinta - D0113057 - Fak. ISIP

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pengendalian alih fungsi lahan pertanian oleh Badan Koordinasi Penataan Ruang Daerah  Kabupaten Sukoharjo. Permasalahan yang terjadi yakni pada tahun 2007-2012 Kabupaten Sukoharjo menempati urutan pertama se Jawa Tengah untuk alih fungsi lahan pertanian. Efektivitas tersebut dilihat dengan menggunakan karakteristik pengendalian yang efektif menurut Siswanto Bedjo.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah hasil wawancara dan dokumen. Teknik penentuan informan adalah purposive sampilng . Validitas data dengan triangulasi sumber data. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa Efektivitas Pengendalian Alih Fungsi Lahan Pertanian Kabupaten Sukoharjo: 1) Akurat, pengendalian alih fungsi lahan sudah efektif karena menggunakan data yang akurat yakni data dari pemohon dan dilakukan crosscheck keabsahan data. 2) Objektif dan Komprehensif, pengendalian alih fungsi lahan di Kabupaten Sukoharjo sudah terpenuhi yakni dengan tingginya peran serta masyarakat dalam kegiatan yang diadakan. 3) Dipusatkan pada tempat pengendalian strategik, masih kurang efektif karena tidak difokuskan pada kecamatan yang paling banyak diminati masyarakat. 4) Fleksibel, pengendalian yang dilakukan sudah efektif karena mampu memanfaatkan peluang yakni peran serta masyarakat dan koordinasi dengan pihak kecamatan serta mampu mengatasi hambatan yang ada. 5) Preskriptif dan operasionalisasi, karakteristik ini sudah efektif karena rapat khusus diadakan seminggu sekali dan pengendalian yang dilakukan mudah dipahami semua anggota. Berdasarkan analisa tersebut dapat disimpulkan bahwa pengendalian alih fungsi lahan pertanian oleh Badan Koordinasi Penataan Ruang Daerah Kabupaten Sukoharjo sudah sudah efektif namun kurang pada satu karakteristik yaitu dipusatkan pada tempat pengendalian strategik.

Kata Kunci : Efektivitas, Pengendalian, Alih Fungsi Lahan