Abstrak


Strategi Mensukseskan Program Kota Layak Anak pada Bidang Pendidikan di Kelurahan Jebres Kota Surakarta


Oleh :
Dimas Priyantono - D0110034 - Fak. ISIP

Abstrak

Di setiap negara masih saja terjadi eksploitasi anak , diskriminasi anak , tindakan kekerasan dan anak putus sekolah . Negara Indonesia sendiri masih banyak anak yang belum terpenuhi hak – hak mereka terutama dalam pendidikan . Masalah yang terjadi banyak nya anak yang putus sekolah , tidak naik kelas , ataupun sejak kecil tidak sanggup untuk bersekolah dan menerima pendidikan yang sebagai mana mestinya . Akan tetapi pihak pemerintah Indonesia tidak diam saja dan berupaya untuk mengembangkan rencana dan program dalam menjadikan kabupaten /  kota yang layak anak agar dapat memenuhi hak – hak anak . Dalam hal ini pemerintah Indonesia mencanangkan program yang bernama Kota Layak Anak . Salah satu bidang yang ada di program Kota Layak Anak tersebut adalah bidang pendidikan.Bidamg yang menjadi sorotan adalah bidang pendidikan karena merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk masa depan dari si anak untuk memperoleh wawasan yang luas dan juga untuk masa depan dari sebuah negara sebagai generasi penerus.
    Tujuan penelitian tentang strategi mensukseskan program Kota Layak Anak yang dikhususkan pada bidang pendidikan di Kelurahan Jebres ini adalah mengetahui program dan strategi yang dicanangkan untuk mendukung pelaksanaan pendidikan di Kelurahan Jebres.
    Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif . Sumber data diperoleh dari beberapa narasumber , terdiri dari Lurah Kelurahan Jebres , Kasi pemberdayaan masyarakat Kelurahan Jebres , Pengurus taman cerdas Kelurahan Jebres , Ketua Forum anak Kelurahan Jebres , Kepala sekolah dan pengajar POS PAUD Menur 23 Kelurahan jebres , pengelola perpustakaan Kelurahan Jebres. Teknik penentuan narasumber menggunakan purposive sampling . Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan telaah dokumen . Validitas data yang dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi sumber . Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif dengan melakukan reduksi data , penyajian data , dan penarikan kesimpulan.
    Bentuk program yang dikeluarkan oleh pihak Kelurahan jebres untuk memaksimalkan bidang pendidikan , yaitu 1) Gerakan Wajib Jam Belajar (GWJB) 2) Mendirikan Taman Cerdas 3) Mendirikan Pos PAUD 4) Pengadaan perpustakaan kampung .

Kata Kunci : Bidang Pendidikan , Strategi Program , Kota Layak Anak