Abstrak


Sistem Pengolahan Bahan Pustaka Buku (Cetak) di UPT Perpustakaan Universitas Islam Batik


Oleh :
Nurul Awaludin - D1813059 - Fak. ISIP

Abstrak

Perpustakaan sebagai salah satu sumber informasi diharapkan dapat mengumpulkan, mengolah, mengemas dan menyajikan informasi dengan cepat. Kegiatan pengolahan bahan pustaka merupakan salah satu bagian utama dalam proses pengemasan dan penyajian informasi. Kegiatan ini bertujuan agar para pengguna perpustakaan dapat memperoleh informasi yang dibutuhkan dengan mudah.
Pengolahan atau proses koleksi perpustakaan merupakan serangkaian pekerjaan yang dilakukan sejak bahan pustaka diterima perpustakaan sampaidengan siap dipergunakan oleh pemakai. Tujuannya agar semua koleksi dapat ditemukan atau ditelusur dan dipergunakan dengan mudah oleh pemakai. Pengolahan merupakan pekerjaan yang berurutan, mekanis, sistematik dan runtun.
Adapun pengolahan bahan pustaka di UPT Perpustakaan Universitas Islam Batik Surakarta meliputi pengecekan bahan pustaka, inventarisasi, input data, klasifikasi, perlengkapan, shelving dan sirkulasi. Untuk melakukan penginputan data menggunakan program SimPus Mandiri dari PHKI (Program Bantuan dari Dewan Pendidikan Tinggi) Yogyakarta dengan versi 1.0. Sedangkan untuk  pengklasifikasian menggunakan Dewey Decimal Clasification (DDC) Edisi ke-3 tahun 1961.
Dari hasil uraian Tugas Akhir penulisan yang di lakukan, dapat disimpulkan bahwa sistem pengolahan bahan pustaka di UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ISLAM BATIK SURAKARTA sudah sesuai dengan standar yang digunakan di perpustakan.

Kata Kunci : Pengolahan dan Bahan Pustaka