Abstrak


Penggunaan Model Pembelajaran Complete Sentence Dengan Media Audio Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Pada Siswa Kelas V SDN Pangempon Kebumen Tahun Ajaran 2016/2017


Oleh :
Khanifa Un’nisa - K7113120 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan menyimak melalui penggunaan model pembelajaran complete sentence dengan media audio pada siswa kelas V SDN Pangempon Kebumen tahun ajaran 2016/2017. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang berlangsung selama dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN Pangempon Kebumen Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran complete sentence  dengan media audio dapat meningkatkan keterampilan menyimak pada siswa kelas V SDN Pangempon Kebumen tahun ajaran 2016/2017. Peningkatan keterampilan menyimak dibuktikan dengan meningkatnya nilai keterampilan menyimak mulai dari pratindakan, siklus I, dan siklus II. Sebelum tindakan, siswa yang memperoleh nilai diatas KKM (?75) sebanyak 8 siswa (32%), pada siklus I meningkat menjadi 15 siswa (60%), dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 21 siswa (84%).