;

Abstrak


Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Perpustakaan Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas V SDN Yosodipuro 104 Kota Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016)


Oleh :
Ika Nurwulandari - S031502011 - Sekolah Pascasarjana

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui keterampilan membaca peserta didik sebelum diberikan tindaan, (2) mengetahui aktifitas guru, (3) mengetahui keterampilan membaca pada materi membaca isi cerita anak, (4) mengetahui respons peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan  model  pembelajaran  kooperatif  tipe  jigsaw  berbantuan perpustakaan.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah 37 peserta didik kelas V SDN Yosodipuro 104 Surakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan wawancara. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data statistik deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan (1) persentase ketuntasan belajar keterampilan membaca sebelum diberi tindakan sebesar 22%, (2) persentase aktifitas guru pada siklus I mencapai 72,67%, pada siklus II mencapai 94,67?n siklus  III mencapai  99%.  (3) nilai  ketuntasan  hasil  belajar  siklus  I mencapai
72,67%, siklus II mencapai 81?n nilai pada siklus III mencapai 83,7%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model kooperatif tipe jigsaw berbantuan perpustakaan dapat meningkatkan keterampilan membaca