;

Abstrak


Perbedaan Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dan Inquiry Learning terhadap Prestasi Belajar Sejarah Ditinjau dari Kreativitas Siswa di SMA Negeri Kota Madiun


Oleh :
Laili Masithoh Hamdiyah - S861508014 - Sekolah Pascasarjana

Abstrak

Penelitian   ini   bertujuan   untuk   mengetahui : (1) Perbedaan pengaruh penggunaan model pembelajaran Discovery Learning dan Inquiry Learning terhadap prestasi belajar sejarah  siswa   di SMA N kota Madiun. (2) Perbedaan  pengaruh kreativitas tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar siswa di SMA N Kota Madiun. (3) Interaksi pengaruh antara model pembelajaran dan kreativitas terhadap prestasi belajar sejarah siswa di SMAN Kota Madiun.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMA N Kota Madiun
Tahun ajaran 2016-2017. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2
SMA N 2 Kota Madiun dan siswa kelas XI IPS 4 SMA N 4 Kota Madiun. Teknik pengambilan  sampel  menggunakan  multi  stage  cluster  random  sampling  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian kuasi eksperimen. Penelitian ini memiliki 3 variabel yakni 2 variabel bebas yakni pertama, model discovery learning dan inquiry learning, dan kedua variabel atributif yakni kreativitas tinggi dan rendah. Selanjutnya, 1 variabel terikat yakni prestasi belajar sejarah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, ada perbedaan pengaruh dari penggunaan model discovery learning dan inquiry learning terhadap prestasi belajar sejarah, dimana model inquiry learning memiliki rata-rata lebih tinggi yakni 75,303 dibandingkan  dengan  model  discovery  learning  yakni  65,869  dan  nilai (9,643)  > (3,18).  Kedua,  ada  perbedaan  pengaruh  dari  kreativitas  siswa terhadap prestasi belajar sejarah dimana   kreativitas siswa dengan kategori tinggi memiliki rata-rata prestasi belajar lebih tinggi yakni 67,694 dibandingkan dengan kreativitas siswa dengan kategori rendah yakni 56,372, dan diperoleh nilai (20,774) >(3,18). Ketiga, berdasarkan perhitungan analisis varian dua jalan diperoleh nilai (2,490) < (3,18), maka dapat dikatakan tidak terdapat interaksi pengaruh model pembelajaran dan kreativitas siswa terhadap prestasi belajar sejarah  untuk  kelas  discovery  learning  dengan  kelas  inquiry  learning.  Dengan demikian, maka dapat  disimpulkan  1) Ada perbedaan  pengaruh dari  penggunaan model discovery learning dan inquiry learning terhadap prestasi belajar sejarah. 2) Ada perbedaan pengaruh dari kreativitas siswa terhadap prestasi belajar sejarah. 3)
Tidak terdapat interaksi pengaruh model pembelajaran dan kreativitas siswa terhadap prestasi belajar sejarah untuk kelas discovery learning dengan kelas inquiry learning.

Kata Kunci : Discovery, Inquiry, Kreativitas, Prestasi Belajar Sejarah